5 Gitaris Top Dunia yang Tak Bisa Baca Not Balok

Sebagai musisi dunia, seharusnya sudah akrab dengan notasi musik. Soalnya, di dalam lagu pasti menggunakan notasi musik, yang dilambangkan dengan not balok atau angka. Meski demikian, ternyata tak semua musisi, terutama gitaris, bisa membaca not balok. Hal ini juga terjadi pada 5 gitaris top dunia ini. Siapa saja? Berikut 5 gitarisnya seperti dihimpun jadiBerita, Senin (19/10/2015).

1. John Lennon

John Lennon (Kaskus)
John Lennon (Kaskus)

Pentolan grup band legendaris The Beatles dari kota Liverpool, Inggris ini menjadi idola dunia pada tahun 70-an. Bahkan, pesona dan popularitas John Lennon dan kawan-kawan seakan tak lekang oleh waktu. Menariknya, meski dianggap sebagai gitaris handal, John Lennon tak bisa membaca not balok. “Tidak ada dari kami yang bisa membaca (notasi) musik, tidak ada juga dari kami yang bisa menulisnya,” ujar John saat diwawancarai majalah Playboy pada tahun 1980.

2. Jimi Hendrix

Jimi Hendrix and The Experience (Kaskus)
Jimi Hendrix and The Experience (Kaskus)

Jimi Hendrix menjelma jadi dewa gitar yang pernah hidup di bumi. Jimi sempat belajar dari para gitaris ternama, seperti Larry Lee dan James Nixon. Tak ayal, Jimi berhasil menjadi gitaris maha dahsyat. Meski dahsyat, ternyata pria bernama asli Johnny Allen Hendrix ini tidak bisa membaca notasi musik atau not balok. “Sepenuhnya ia belajar otodidak, ketidakmampuan Jimi membaca notasi membuatnya lebih berkonsentrasi pada musik yang ia dengarkan,” ungkap seseorang seperti ditulis di biografi resmi Jimi.

3. Eric Clapton

Eric Clapton (Gibson)
Eric Clapton (Gibson)

Eric Clapton berada di jajaran gitaris dunia yang melegenda. Eric sendiri tidak pernah belajar musik secara formal, alias ia belajar secara otodidak. Hal ini membuatnya tidak bisa membaca notasi musik. Ini baru diketahui ketika Eric menjadi bintang tamu di sebuah acara. “Aku merasa sangat gugup, karena aku tidak bisa membaca musik, sedang mereka manggung dengan membaca kertas (notasi) musik,” ujarnya.

4. Slash

Slash (Loudwire)
Slash (Loudwire)

Gitaris ini paling banyak diidolakan lantaran kepiawaiannya bermain gitar, baik saat bersama Gun n’ Roses atau bersolo karir. Namun, Slash adalah salah satu satria bergitar yang tidak bisa membaca musik. Meski demikian, Slash justru bangga karena tidak bisa membaca not musik. “Aku bermain menggunakan telinga. Aku mencoba menciptakan dari apa yang aku dengar (kadang-kadang di dalam kepalaku) langsung menggerakkan tanganku bersama gitar,” ujar Slash.

5. James Hetfield

James Hetfield (Rollingstone)
James Hetfield (Rollingstone)

Frontman Metallica ini sudah mengenal gitar sejak masih kecil. Baginya, bermain gitar sudah seperti mainan sehari-hari. Tidak bisa membaca notasi sempat membuat James kesusahan juga, pasalnya ada momen ketika ia harus berkolaborasi dengan musik orkestra. Di dalam film dokumenter “The Black Album”, James mengaku tidak bisa membaca dan menulis not balok. Alhasil, ia pun harus memberi contoh nada lagu “Nothing Else Matter” kepada musisi orkestra yang diajak berkolaborasi. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...