Mungkin sebagian dari kita merasa bahwa lagu dengan durasi 5 menit saja sudah termasuk musik dengan durasi yang lumayan panjang untuk didengar. Namun ternyata, masih ada lagi lagu-lagu dengan durasi yang jauh lebih panjang, dan bisa dibilang ekstrem. Bagaimana tidak, pasalnya ada lagu yang durasinya melebihi 100 jam. Berikut adalah 5 lagu dengan durasi ekstrem yang sudah dihimpun jadiBerita.

1. Pink Floyd – Shine On You Crazy Diamond

Lagu berdurasi lebih dari 25 menit ini adalah komposisi yang terdiri dari sembilan part dari satu musik utuh yang ditulis oleh David Gilmour, Roger Waters, Richard Wright. Lagu ini adalah lagu Pink Floyd terpanjang pertama selain Echoes (23:31) dan Atom Heart Mother (23:44). Gaya musik Pink Floyd sangat berbeda dan lagu ini memiliki sedikit rasa orchestral dengan alunan gitar David Gilmour yang menyihir.

2. X Japan – Art of Life

X Japan bisa dibilang merupakan band legendaris Jepang. Lagu-lagunya merupakan lagu rock bertempo cepat yang cukup sulit untuk ditirukan. Salah satu lagunya, yaitu “Art of Life”, memiliki durasi yang cukup panjang, yaitu hampir setengah jam. Nuansa rock yang kental membuat lagu ini layak untuk didengarkan meskipun menghabiskan waktu setengah jam. Bahkan sang drummer, Yoshiki, pernah hampir pingsan ketika menampilkan lagu ini secara live.

3. Dream Theater – Six Degrees of Inner Turbulence

Bicara tentang lagu berdurasi lama, memang yang sempat terpikir adalah band Dream Theater. Band ini memang gemar membuat lagu dengan durasi lama. Salah satu yang terlama dari band ini adalah lagu berjudul “Six Degrees of Inner Turbulence”, dengan durasi sekitar 42 menit. Lagu ini merupakan komposisi musik yang utuh namun dipecah menjadi beberapa part untuk memudahkan si pendengar menikmatinya.

4. Thom Yorke – Subterranea

Vokalis pentolan band Radiohead ini masuk ke dalam daftar “The Greatest Singers of All Time” versi majalah Rolling Stone. Lagu “Subterranea” ini merupakan karya Thom Yorke sendiri sebagai soundtrack pameran seni Stanley Donwood di The Panic Office, Sydney, Australia. Kompisisi lagu ini sendiri terdiri dari suara-suara eksperimental seperti ambience yang dibuat oleh Thom Yorke secara hati-hati untuk mengiringi acara pameran tersebut. Jangan tertipu dengan durasi video di atas yang hanya 3 menit, karena aslinya lagu ini memiliki durasi 482 jam.

5. Bull of Heaven – The Chosen Priest And Apostle of Infinite Space

Band ini sudah ada sejak tahun 2001, dan mulai terkenal pada tahun 2008. Ada total 149 lagu yang masuk dapur rekaman dan beberapa lagunya, terutama yang berdurasi panjang, sudah tersebar luas di internet. Rata-rata durasi lagu mereka bukan lagi dalam hitungan menit, melainkan sudah dalam hitungan jam. Lagu “The Chosen Priest And Apostle of Infinite Space” ini sendiri merupakan lagu terpanjang dari Bull of Heaven, dan durasinya mencapai 1453 jam atau sama dengan 2 bulan. (tom)