Bagi sebagian orang mungkin ada yang mengatakan bahwa rumah yang cocok itu adalah yang dipenuhi dengan perabotan yang lengkap serta diisi dengan barang-barang yang mewah saperti lukisan, hiasan dinding, kamar yang di desain secara kompleks supaya terlihat mempesona. Namun ada sebagian orang yang juga mengatakan jika rumah yang ideal itu adalah rumah yang terlihat secara sederhana serta dikelilingi dengan bunga-bunga dan juga pepohonan dengan sirkulasi udara yang sejuk dan ramah lingkungan seperti rumah dijual di bandung. Disamping itu masih banyak lagi beberapa persepsi lainya yang kesemuanya itu akan menjadikan kita gambaran kepada satu titik yaitu rumah idaman bagi kehidupan keluarga kita, supaya rumah sesuai dengan harapan anda maka perhatikan langkah-langkahnya berikut:

Pertama, Lihat gambaran rumah yang hendak dibeli

Saat anda akan membeli sebuah rumah maka terlebih dahulu bagi anda untuk mencari informasi mengenai rumah yang hendak dijual. Informasi rumah yang hendak anda beli bisa anda cari tahu via media informasi seperti majalah atau Koran, bisa juga menggunakan media internet seperti facebook, twitter dan berbagai macam media informasi lainya. Atau dapat juga anda cari tahu melalui teman-teman, atau kerabat terdekat anda yang bisa saja mereka mendapatkan informasi mengenai rumah yang akan dijual.

Kedua, Ajukan beberapa pertanyaan kepada penjual rumah

Bagi pembeli anda harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang ditujukkan kepada penjual rumah biar tidak menimbulkan kesalahpahaman dibelakang hari antara pihak penjual rumah dengan anda, jika seandainya rumah tersebut telah menjadi milik anda. Beberapa pertanyaan yang dikategorikan mendetail yang perlu untuk anda persiapkan sebagai calon pembeli untuk diajukan kepada penjual rumah, seperti : umur bangunan, berapa lama rumah tersebut telah didirikan? Kelengkapan surat-surat tanah serta rumah? Bagian rumah yang perlu direnovasi ?

Ketiga, Mengeceknya lebih dari satu kali

Hendaknya anda untuk melakukan survei terhadap rumah yang hendak anda beli minimal 3 – 4 kali survei supaya anda tahu tentang kondisi rumah saat pagi, siang, sore serta malam hari. (jow)