Menabung (2byou.org.uk)

Kamu pasti mempunyai kebutuhan dan keinginan untuk dipenuhi baik hal tersebut bersifat jangka pendek maupun jangka panjang agar hasrat dapat terpuaskan. Nah, untuk memenuhi keperluan jangka panjang kamu dituntut untuk menyisihkan sebagian uang agar dimasa depan mempunyai cadangan tabungan yang memadai. Tidak dipungkiri bahwa untuk menabung dirasakan cukup sulit karena biasanya kamu tergoda untuk menghabiskan sebagian besar uangmu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan sesaat. Kalau kamu mengalami masalah ini, sebaiknya cepat-cepat kamu cari jalan keluarnya. JadiBerita juga akan turut membantu kamu menanggulangi masalahmu ini, semoga tips ini bermanfaat ya guys. Check this out:

1. Simpan uang secukupnya dalam dompet

Kalau kamu ingin berhemat dan pandai menabung jangan menaruh uang banyak di dalam dompet, karena hal itu akan menggoda kamu untuk mengkonsumsi berbagai hal yang sebenarnya tidak mendesak. Dengan banyaknya jumlah uang yang berada di dalam dompet kamu akan merasa â??punya uangâ? sehingga tidak takut untuk berbelanja. Jadi mulai sekarang bawa uang secukupnya saja ya.

2. Tentukan nominal wajib untuk ditabung

Tentukan nominal yang wajib untuk kamu tabung, misalnya nominal Rp.10.000. Jadi, setiap kamu memiliki nominal Rp.10.000 maka kamu wajib menabungnya, tidak ada alasan untuk kamu menggunakan atau membelanjakan nominal tersebut. Dalam seharipun tidak dibatasi berapa kali kamu menabung, pokoknya setiap kamu memiliki nominal Rp.10.000 maka uang itu wajib ditabung. Kalau dalam sehari kamu memiliki nominal Rp.10.000 sebanyak 5 kali, maka kelima lembar uang Rp.10.000 tersebut wajib kamu tabung. Awalnya memang berat, tetapi lambat laun kamu akan terbiasa. Selain itu, hasil yang akan kamu dapat juga lumayan loh. Dicoba ya guys!

3. Catat setiap pengeluaran

Hal ini mungkin memang agak rumit dan malas untuk dilakukan tapi sebenarnya perlu, ini untuk mengetahui untuk keperluan apa saja kamu gunakan uangmu. Tentu saat ini kamu semua sudah memiliki gadget canggih yang memiliki fitur notes yang easy use, maka setiap uang kamu keluarkan cukup kamu catat di notes gadgetmu. Nah, malam harinya di rumah baru kamu salin pengeluaranmu selama seharian tersebut ke dalam buku catatanmu.

4. Prioritaskan kebutuhan

Sampai saat ini banyak orang yang yang sulit untuk menabung karena mereka tidak faham antara keperluan dengan keinginan. Oleh karena itu, selektiflah dalam membeli sesuatu yang sesuai dengan keperluan anda, bukan seuatu yang menjadi keinginan anda. Alangkah lebih baik jika anda menyusun skala prioritas segala keperluan di atas kertas sehingga nantinya anda hanya akan membeli barang yang menjadi keperluan utama atau kebutuhan.

5. Konsisten

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah konsisten. Sebuah konsistensi sangat dibutuhkan untuk mewujudkan semua hal yang sudah direncanakan. Walaupun ditengah jalan anda menemui hambatan, karena sudah membulatkan tekad yang kuat maka anda akan tetap konsisten dan stabil dalam usaha untuk menabung. Demi kehidupan anda yang lebih baik dimasa depan, maka rajin dan tekun dalam menabung akan membawa manfaat banyak di kemudian hari.

(anb)