Ketika kita mengunjungi pantai, biasanya kita akan melihat mercusuar berdiri tegak. Mercusuar didesain untuk menuntun kapal agar kembali ke pelabuhan. Orang-orang membangun sebuah mercusuar dengan tinggi menjulang dan di atas bangunan itu dipasang sebuah lampu. Lampu itu berkedip-kedip dengan interval yang tetap sehingga semua kapal yang mendekati pelabuhan itu dapat melihatnya dari kejauhan.

Karena saat ini navigasi kapal laut telah berkembang pesat dengan bantuan GPS, jumlah mercusuar di dunia telah merosot menjadi kurang dari 1.500 buah. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal. Salah satu mercusuar yang paling terkenal di dunia adalah Pharos di Alexandria, yang merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Selain mercusuar tersebut, masih ada beberapa mercusuar lainnya yang tak kalah mengagumkan, apalagi jika difoto dengan momen yang tepat, seperti saat mercusuarnya diterpa ombak, atau difoto saat sore hari.

Kamu bisa lihat beberapa foto mengagumkan dari mercusuar yang ada di berbagai negara berikut ini. (tom)