Pernikahan adalah sebuah momen sakral yang kamu dan pasangan lakukan sekali seumur hidup. Pastinya kamu ingin di pernikahanmu dihadiri oleh semua keluarga, sahabat atau rekan.

Tapi terkadang kamu tidak bisa mengundang mereka yang jauh di mata misalnya yang tinggal di luar negeri. Nah sekarang kamu tak perlu pusing-pusing lagi mengundang mereka. Pakai saja undangan online. Sebab, undangan online punya beberapa kelebihan dibandingkan undangan dari kertas. Inilah 5 alasan kenapa harus pakai undangan online untuk momen pernikahanmu.

1. Bisa lebih hemat

Biar Lebih Hemat (metrotv)
Biar Lebih Hemat (metrotv)

Jika kamu memakai undangan online untuk momen pernikahanmu, maka keuntungan pertama yang kamu dapat adalah bisa lebih hemat. Bayangkan saja, jika pakai undangan pernikahan yang dibuat dari kertas, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasa percetakan. Nah kalau undangan online, caranya sangat mudah. Salah satunya kamu cukup upload undangan kamu dan tandai (tag) ke semua teman-temanmu lewat sosial media. Dengan begitu, teman-teman kamu bisa membaca undangan pernikahan yang kamu buat.

2. Tak berhenti di tengah jalan

undangan tak berhenti di tengah jalan (puertodistro.com)
undangan tak berhenti di tengah jalan (puertodistro.com)

Poin dua adalah undangan online tidak akan berhenti di tengah jalan karena prosesnya dilakukan lewat online. Beda dengan undangan kertas yang jika dikirim ke sahabatmu yang rumahnya jauh pasti memerlukan jasa pengiriman barang. Kamu pun juga harus membiayai untuk mengirim undangan kertas itu.

3. Bisa tersebar tanpa batas

bisa tersebar tanpa batas (ohmygodd.com)
bisa tersebar tanpa batas (ohmygodd.com)

Namanya saja undangan online, pastinya bisa tersebar tanpa batas. Kalau kamu punya teman di luar negeri juga bisa kok mengundang mereka tanpa perlu cara yang susah. Kamu cukup memberitahukan alamat web undanganmu. Sekali sebar, undangan menyebar hingga ke sahabatmu yang tinggal di luar negeri. Praktis kan!

4. Bisa diberi peta yang akurat

bisa diberi peta (searchengineland)
bisa diberi peta (searchengineland)

Siapa bilang undangan online tak bisa diberi peta. Bisa-bisa saja kok. Kamu bisa memberi Google maps agar tamumu tidak tersesat. Daripada peta yang digambarkan terkadang masih membuat kita bingung. Nah kalau google maps pasti akan jauh lebih membantu.

5. tanpa kertas, kamu ikut menjaga lingkungan

tanpa kertas bisa jaga lingkungan (blogspot)
tanpa kertas bisa jaga lingkungan (blogspot)

Alasan kelima kenapa harus pakai undangan online karena kamu bisa ikut menjaga lingkungan. Kenapa? Jawabannya karena undangan online tidak pakai kertas yang nantinya dibuang dan ujung-ujungnya menjadi sampah. Hal ini juga membuat kamu mengurangi penebangan pohon yang dipakai guna memproduksi kertas.

(nha)