Rumah merupakan kebutuhan primer yang seharusnya dimiliki setiap orang. Namun, harga rumah yang mahal membuat sebagian orang sulit membelinya. Mereka pun memilih opsi dengan mengontrak atau menyewa rumah.

Tapi ada pula cara lain untuk bisa menempati sebuah rumah yang dinginkan dengan cara membuat rumah berukuran kecil alias mungil. Rumah-rumah di bawah ini adalah contoh hunian berukuran kecil. Kendati kecil, rumah-rumah berikut masih bisa dihuni oleh sesorang dengan fasilitas yang terdapat pada rumah pada umumnya misalnya dapur, toilet dan lain sebagainya. Inilah 5 rumah mungil di dunia versi JadiBerita.

1. Micro Compact Home

Micro Compact Home (blogspot)
Micro Compact Home (blogspot)

Micro Compact Home cocok disebut sebagai rumah paling mungil di dunia. Bagaimana tidak? Rumah ini hanya memiliki ukuran 2.6 meter. Anehnya, rumah kecil ini bisa untuk meletakkan ruang untuk dua tempat tidur ukuran double, kamar mandi, lobi, ruang makan, ruang untuk 4-5 orang, teknologi hiburan dapur dan top-notch. Waw, sulit dipercaya ya guys!

2. Toronto Little House

Toronto Little House (blogspot)
Toronto Little House (blogspot)

Layaknya Micro Compact Home, Toronto Little House juga dijuluki sebagai rumah termungil. Rumah ini berukuran 312 meter persegi. Kendati sangat kecil, Toronto Little House ini pernah diminati oleh selebriti ternama Ellen DeGeneres. Kalau kamu lihat foto di atas, bentuk rumahnya sih sangat bagus ya. Lengkap dengan tanaman yang tertata rapi di halaman rumah.

3. Rollit Rumah

Rolit House (blogspot)
Rolit House (blogspot)

Selain disebut rumah mungil, Rollit House juga diklaim sebagai rumah dengan bentuk unik. Sebab, rumah ini bisa berputar seperti rumah hamster yang diputar dengan roda. Ternyata, pemilik rumah itu sengaja mengubah struktur rumah dengan berjalan di tengah untuk memutar itu. Walau ukuran rumah itu kecil, Rollit House menawarkan fasilitas seperti tempat tidur, kursi malas, meja, kamar mandi, toilet, dan dapur.

4. Nano Rumah

Nano Rumah (blogspot)
Nano Rumah (blogspot)

Nano Rumah ini sesungguhnya dibuat untuk membantu krisis perumahan global dunia. Hunian ini berukuran 25 meter persegi. Jika tinggal di rumah ini, maka penghuninya akan diperkenalkan dengan isolasi dan pemanasan tenaga surya pasif untuk penghematan energi.

5. Eco Bike Trailer

Eco Bike Triller (blogspot)
Eco Bike Triller (blogspot)

Terakhir, Eco Bike Triller juga diklaim sebagai rumah termungil. Kalau dilihat dari gambar di atas, rumah ini menjadi satu dengan sepeda. Rumah ini didukung oleh turbin angin dan dilengkapi dengan oven yang bertenaga surya dan sistem pemanas.

(nha)