Belum lama ini, muncul sebuah video yang memperlihatkan dua orang yang mampu terbang dengan menggunakan jetpack. Tak tanggung-tanggung, kedua orang itu terbang tepat di samping pesawat Airbus milik Emirates di ketinggian 1.219 meter.

Yang membuat penasaran adalah, alat apa yang mereka gunakan untuk bisa terbang layaknya Iron Man itu? Mereka ternyata menggunakan jetpack bernama Jetman Dubai. Secanggih apa jetpack ini?

Jetman Dubai (Daily Mail)
Jetman Dubai (Daily Mail)

Dihimpun jadiBerita dari situs resmi Jetman Dubai, jetpack ini memiliki 4 buah mesin Jetcat P200, dan memiliki kecepatan rata-rata 200 km per jam. Sementara itu, kecepatan untuk naik ke udara dari darat adalah 180 km per jam, dan kecepatan ketika mendarat adalah 300 km per jam.

Jetpack ini juga memiliki berat yang lumayan, yaitu 55 kg, sehingga jika kamu ingin mencoba jet ini, pastikan kamu kuat untuk menggendongnya. Saat berada di udara, kamu bisa terbang menggunakan jet ini selama 6 hingga 13 menit.

Jetman Dubai (Dailypostal)
Jetman Dubai (Dailypostal)

Memiliki kecanggihan seperti di atas, jelas jetpack ini memiliki harga yang sangat mahal per unitnya. Menurut akun Twitter resmi Jetman Dubai, harga per unitnya bisa mencapai harga sebuah mobil yang paling bagus, atau bisa dibilang berharga miliaran bahkan triliunan rupiah. Namun sayangnya, jetpack ini masih belum direncanakan untuk dijual ke publik.

Dua orang yang beruntung bisa menjajal Jetman Dubai ini adalah Yves Rossy dan Vince Reffet. Yves Rossy, adalah pilot senior asal Swiss yang memang dikenal melakukan hal-hal unik. Ia menghabiskan banyak waktu untuk mencari cara agar manusia bisa terbang bebas seperti burung. Sementara rekannya Vince Reffet, adalah penggemar olah raga ekstrem yang sudah puluhan kali melakukan aksi hebat saat terjun payung. Pria kelahiran Perancis ini juga tumbuh besar di lingkungan keluarga pencinta terjun payung.

Jetman Dubai (Digital Trends)
Jetman Dubai (Digital Trends)

Keduanya punya mimpi yang sama, yang kemudian diakomodir oleh XDubai Managing Director, Ismaeil Al Hashmi. Ketiganya terlibat sebuah proyek fenomenal yakni membuat jet yang bisa dipakai manusia.

Semoga saja di masa depan bakal ada jetpack seperti Jetman Dubai ini yang dijual untuk masyarakat umum, agar mereka bisa merasakan terbang bebas seperti Iron Man. (tom)