Wi-Fi dan Bluetooth sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sekarang ini. Bahkan mungkin kita merasa kurang lengkap jika tidak tersedia Wi-Fi untuk internetan. Namun tahukah kamu siapa penemu Wi-Fi dan Bluetooth itu?

Dia adalah Hedy Lamarr. Hedy Lamarr adalah aktris Hollywood yang pernah dijuluki sebagai ‘wanita paling cantik di dunia’. Lahir di Wina Austria, 9 November 1914, wanita yang memiliki nama asli Hedwig Maria Keisler ini awalnya adalah seorang pemain film “Extase”, yang menyedot perhatian produser Hollywood.

Hedy Lamarr (Merdeka)
Hedy Lamarr (Merdeka)

Dia akhirnya menjadi aktris Hollywood terkenal dan mengganti namanya dengan Hedy Lamarr. Dia berhasil membintangi banyak film terkenal yang membuat nama Hedy Lamarr semakin melambung, seperti film “White Cargo” pada tahun 1942) dan “The Female Animal” pada tahun 1957.

Dia tak hanya sangat berbakat memerankan karakter di film, tetapi dia juga pandai dalam hal teknologi. Hedy Lamarr mematenkan ide yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia pada tahun 1942, yang merupakan pondasi penting teknologi ponsel dan komunikasi.

Hedy Lamarr (Hedylamarr.org)
Hedy Lamarr (Hedylamarr.org)

Wanita cantik ini menciptakan teknologi pengendali jarak jauh yang digunakan untuk Perang Dunia II saat itu. Namun siapa yang menyangka, kalau penemuannya tersebut adalah awal dari penemuan ponsel, Wi-Fi, Bluetooth, bahkan GPS, yang kini sangat populer.

Berkat penemuannya itu, nama Hedy Lamarr sempat masuk ke Google Doodle kemarin. Mengapa Hedy Lamarr dianggap istimewa sampai-sampai sebuah logo Google didedikasikan untuknya? Sebab, tak hanya cantik dan seksi. Lamarr juga berotak encer, bahkan jenius.

Hedy Lamarr (Metrotvnews)
Hedy Lamarr (Metrotvnews)

“Kami dengan senang hati menonjolkan kisah-kisah pencapaian perempuan dalam bidang sains dan teknologi. Ketika ada kisah bintang Hollywood tahun 1940-an yang menjadi penemu, yang mengembangkan teknologi yang kita gunakan dalam ponsel pintar (smartphone) saat ini. Jadi, kami ingin membagikannya pada dunia,” kata pembuat Google Doodle, Jennifer Hom, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (10/11/2015).

Doodle ini menceritakan kehidupan dari Hedy, dengan soundtrack dibuat oleh komposer Adam Ever Hadani. Untuk mengingat karirnya sebagai artis Hollywood, Doodle ini dibuat dalam format film dengan suasana ilustrasi tahun 1940-an dan poster film. Kamu bisa lihat videonya di bawah ini.

(tom)