Pendamping hidup yang baik (newlovewallpapers.com)

Menjalani hubungan tidak melulu bicara soal cinta. Kalau kamu dan dia sudah siap serta memiliki rencana lebih jauh kedepan kamu dan dia akan berusaha untuk bersikap layaknya pendamping hidup. Menjalani hubungan dengan seseorang terkadang membuatmu merasa nyaman dan tak ingin berpisah. Kamu merasa bahwa kamu dan dia bagaikan nyawa dan raga yang tak mungkin dipisahkan. Tetapi sebaik apakah kamu mendampinginya selama ini? Guys, ternyata sikap yang hanya sekedar pacar dan pendamping itu beda loh. Sekarang ukur yuk bagaimana kamu bersikap padanya dan bagaimana dia bersikap padamu selama hubungan kalian berjalan.

1. Mendorong untuk berkembang

Dukung impian pasanganmu! (parade.com)

Mereka yang bersungguh-sungguh untuk menjadi pendamping hidup adalah mereka yang mampu mendorong pasangannya untuk berkembang, bahkan berkembang bersama. Dia tidak akan melarangmu untuk melakukan hal-hal yang sekiranya dapat mengembangkan dirimu menjadi yang lebih baik. Tetapi perlu diingat, dia melarangmu untuk melakukan hobi tentu dia memiliki pemikiran sendiri, kalau dia menyatakan tentangan terhadap keinginanmu untuk berkembang, dengarkan dengan seksama setiap detail alasannya.

2. Banyak bercerita

Bercerita akan membuat kalian saling mengenal lebih dalam (youqueen.com)

Pacaran mungkin identik dengan ungkapan kata-kata cinta, tetapi mereka yang sungguh-sungguh menjadi pendamping hidup akan justru banyak bercerita. Kamu ataupun dia merasa ada yang kurang jika tidak bercerita dengan pasangan. Kamu dan dia juga akan merasa kurang kalau belum mendengar saran atau pendapat dari pasangannmu.

3. Berjuang mengalahkan masalah

Pendamping hidupmu tidak akan meninggalkan pasangannya (marriagehelper.com)

Bukan pergi untuk meninggalkan masalah tanpa penyelesaian, tetapi kamu dan dia akan berjuang bersama-sama untuk mengalahkan masalah tersebut. Ketika bertengkar, kalian akan berusaha mencari jalan tengah untuk tetap bertahan dan melanjutkan hubungan dengan pemikiran yang jernih. Kamu dan dia juga tidak ragu untuk membuka rahasia satu sama lain, terlebih kalau rahasia tersebut sangat mengganggu salah satu diantara kalian.

4. Berusaha memperbaiki diri

Memperbaiki diri dan menjalin hubungan kalian kembali (lifehack.com)

Setelah melalui fase pertengkaran dan menemukan jalan tengah untuk kembali berbaikan, kamu dan dia akan sama-sama berusaha memperbaiki diri. Ungkapan maaf yang diucapkan sebelumnya bukan hanya hiasan bibir tetapi ada aksi nyata setelahnya. Hal itu menunjukkan bahwa kamu dan dia sama-sama serius membina hubungan di antara kalian. Tidak seperti pacar yang hanya mengucapkan maaf tetapi tetap mengulangi kesalahan.

5. Mampu Mengendalikan emosi

Kamu dan dia lebih baik menenangkan diri masing-masing terlebih dahulu (halloftheblackdragon.com)

Pendamping hidup yang baik akan mampu mengendalikan emosi. Dia tidak akan mudah menyakiti melukai hati maupun fisik pasangannya. Sebagai pasangan yang dewasa, kamu dan dia tentu memiliki cara yang bijak untuk menyampaikan sesuatu yang tidak kalian sukai.