Ini Dia Senjata Tradisional Paling Mematikan Asal Indonesia

Sebuah senjata memang diciptakan untuk mematikan lawannya. Indonesia sendiri juga punya senjata yang cukup mematikan, yaitu Karambit. Seperti apa Karambit ini? Berikut jadiBerita bahas untuk kamu.

Karambit (Kaskus)
Karambit (Kaskus)

Kerambit atau Karambit, merupakan senjata tradisional asal Indonesia yang dinobatkan menjadi senjata tradisional paling mematikan di dunia. Bentuknya kecil dan imut, namun sangat berbahaya sebab bisa menyayat atau merobek anggota tubuh lawan. Hebatnya lagi, senjata ini bisa melumpuhkan musuh secara cepat dan tak terdeteksi.

Karambit (Kaskus)
Karambit (Kaskus)

Kerambit berasal dari ranah Minang. lalu dibawa oleh perantau Minang dan menyebar di banyak negara Asia Tenggara seperti Malaysia serta Filipina. Bentuk kerambit seperti pisau kecil yang melengkung dan bisa digenggam. Jika dilihat sekilas, senjata ini mirip cakar harimau, hewan yang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa lalu. Konon Kerambit ini memang terinspirasi dari cara harimau bertarung.

Dalam buku sejarah di Eropa, tentara Indonesia menggunakan Kerambit jika senjata lain sudah tak bisa digunakan lagi. Kerambit merupakan senjata ‘pejantan’ sebab dipakai dalam pertarungan jarak dekat yang mengandalkan keberanian dan keahlian bela diri.

Karambit (Kaskus)
Karambit (Kaskus)

Karena berasal dari Minang, maka sudah pasti para pendekar silat asal Minang sangat terampil menggunakan senjata ini. Begitu juga para prajurit Bugis di Sulawesi. Kerambit juga jadi senjata andalan dalam ilmu beladiri silat. Semakin populernya silat di dunia, senjata ini pun ikut terkenal. Beberapa perusahaan senjata besar di Amerika Serikat bahkan memproduksi Kerambit ini dalam jumlah banyak.

Saking terkenalnya, sebuah saluran televisi luar negeri, yaitu National Geographic Channel, jua sempat membahas senjata asal Indonesia ini. Mereka memberi judul “The Deadliest Knife In The World” atau “Pisau Paling Mematikan di Dunia” untuk pembahasan mengenai Kerambit ini. Videonya bisa kamu lihat di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=2WAOBX8BJyc

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Punya Bakat Melawak, Rangga SMASH Jajal Presenter Acara Komedi

Alasan Nyamuk Suka Terbang di Atas Kepala