Jika kamu hobi jalan-jalan alias traveling ke berbagai tempat menarik, maka sangat pas kalau kamu berkunjung ke pulau-pulau ini. Selain punya keindahan yang tiada tara, pulau-pulau berikut juga diklaim sebagai pulau paling eksotis di Indonesia

Saking eksotisnya, para wisatawan baik dalam maupun luar negeri pun seolah betah singgah di sini. Inilah 5 pulau paling eksotis yang ada di Indonesia versi jadiBerita.

1. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat (Shutterstock)
Raja Ampat (Shutterstock)

Siapa orang yang tak terkesima akan keindahan Raja Ampat. Lantaran memiliki pemandangan yang sangat luar biasa, Raja Ampat pun masuk sebagai kategori pulau paling eksotis di Indonesia. Jika kamu ingin singgah ke Raja Ampat, belilah tiket ke Sorong dari Jakarta. Waktu perjalanan sendiri sekitar 6 jam, transit di Makassar atau Manado. Setibanya di Sorong, kamu harus menaiki kapal dan membutuhkan waktu 3 jam. Apabila sudah sampai di Raja Ampat, barulah kamu bisa memilih tinggal di sebuah resort atau tinggal di sebuah kapal pinisi yang sudah dimodifikasi.

2. Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta

Pulang Tidung (Shutterstock)
Pulang Tidung (Shutterstock)

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota, di Jakarta juga terdapat pulau eksotis. Ini adalah Pulau Tidung. Letaknya sendiri di Kepulauan Seribu, Jakarta. Di Pulau Tidung, kamu akan melihat pemandangan alam dengan desir angin pantai nan sepoi, air yang biru dan jangan lupakan terumbu karang yang begitu mempesona. Untuk bisa sampai ke sini, kamu bisa menaiki kapal seperti Kapal Ferry (dari Pel. Angke) dan Kapal Cepat (dari Pel. Kaliadem di Angke). Pulau Tidung memberikan pengalaman wisata yang tak akan bisa terlupakan, salah satunya snorkeling dan diving yang menjadi kegiatan favorit wisatawan.

3.Kepulauan Gili Terawangan, Lombok

Gili Trawangan (Shutterstock)
Gili Terawangan (Shutterstock)

Selanjutnya, Gili Terawangan juga diklaim sebagai pulau paling eksotis yang ada di Indonesia. Pulau yang berlokasi Lombok ini memiliki kehidupan bawah laut yang tak bisa tertandingi. Jika kamu memasuki bawah laut, kamu akan melihat snorkel di koral-koral yang berwarna biru. Koral jenis ini hanya dapat ditemukan di pulau-pulau Gili dan Laut Karibia. Punya hobi menyelam? Cobalah menjelajahi Turtle Point di Gili Meno. Di sana kamu akan melihat penyu laut, ikan hiu putih, dan mantarays.

4. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Karimun Jawa (Shutterstock)
Karimun Jawa (Shutterstock)

Pulau yang terletak di Jawa Tengah ini bernama Karimun Jawa. Bagi yang ingin memasuki pulau ini, kamu bisa menggunakan tiga kapal berikut. Kapal motor cepat Kartini dengan waktu tempuh 4 jam, Kapal Bahari Expres dengan waktu tempuh 2 jam, dan Kapal motor penumpang Muria dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam dari Pelabuhan Kartini. Di Pulau Karimun, wisatawan bisa mencoba scuba diving, snorkeling, berenang, memancing, berkeliling pulau, melihat penangkaran hiu, serta trekking hutan mangrove.

5. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Derawan (Shutterstock)
Derawan (Shutterstock)

Pulau di urutan kelima adalah Derawan. Derawan pun mencatatkan diri sebagai pulau eksotis yang ada di Indonesia. Kamu bisa menjumpai hewan-hewan laut seperti kura-kura raksasa, lumba-lumba, kepiting kepala, ikan pari, ikan paus duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless jika menyelam ke bawah laut. Ada pula hewan khas yang dimiliki pulau ini yakni ikan Hiu Derawan. Pulau Derawan terletak di Kalimantan Timur.

(nha)