Sleep while lamp turn on (thenews.com)

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan setiap orang, baik tidur siang maupun tidur dimalam hari. Tidur malam merupakan kegiatan penting untuk mengistirahatkan tubuh stelah lelah beraktivitas seharian. Tidur malam hari harus dilakukan dengan baik agar esok pagi kita mendapatkan energi yang cukup untuk kembali menjalani hari-hari. Namun, banyak orang yang takut dengan kegelapan akhirnya memilih untuk tidur dengan tetap membiarkan lampu utama kamarnya menyala. Tahukah kamu ternyata tidur dengan lampu menyala itu berbahaya loh, ini dia resikonya guys:

1. Kualitas tidur menurun

Tidur dengan lampu menyala akan membuat mata terasa pegal karena ketika anda memejamkan mata menyebabkan otot dan kelopak mata menjadi tegang. Hal itu disebabkan karena masih adanya cahaya yang masuk ke dalam mata. Hal ini akan menurunkan kualitas tidur kamu, kamu tidak akan tertidur dengan benar-benar pulas, karena beberapa dari ototmu masih ada yang harus bekerja, tidak dalam keadaan rileks semua.

2. Mengganggu sistem metabolisme tubuh

Tidur dengan lampu menyala juga akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Ketika tidur dengan lampu menyala, sama halnya dengan mata, sistem metabolisme tubuh kita tidak beristirahat secara penuh. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya konsentrasi, daya tahan melemah dan mudah terserang penyakit.

3. Meningkatkan tanda-tanda depresi

Beberapa penelitian menyatakan bahwa tidur dengan lampu menyala akan meningkatkan tanda-tanda depresi. Hal ini karena tidur dengan lampu menyala, tidur kamu akan terganggu sehingga akan menambah beban pikiran kamu, guys. Laporan hasil penelitian Ohio State University Medical Centre menyatakan bahwa tidur dengan lampu menyala akan menyebabkan perubahan struktur pada otak dan meningkatkan depresi.

4. Menghambat produksi melatonin

Melatonin adalah salah satu hormon kekebalan tubuh untuk pertahanan terhadap gangguan kesehatan seperti kanker prostat, payudara dan lainnya, tidak akan bekerja saat kamu tertidur dengan lampu menyala. Adanya cahaya akan memberhentikan produksi hormon melatonin.

(anb)