Tempat tidak berpenghuni selalu identik dengan konotasi angkuh, kotor, kumuh, dan yang paling pasti berhantu. Padahal tempat-tempat yang dulunya menyimpan banyak cerita ini masih tetap terlihat apik jika ditangkap lewat moment kamera. Dilansir dari Mashable, berikut ada empat tempat terlupakan yang masuk dalam buku ‘Abandon Places: 60 Stories of Places Where Time Stops’. Seperti apa keempat tempat tidak berpenghuni tersebut? Mari kita lihat yuk JBers!

1. Gereja di Polandia

Gereja di Polandia (Mashable.com)
Gereja di Polandia (Mashable.com)

Sebagian besar bangunan di Polandia hancur lebur saat perang dunia kedua tahun 1940-an. Tapi Gereja Giersdof ini masih berdiri kokoh walau interiornya berantakan dan menyisakan puing-puing bekas perang. Hall utama yang memiliki kubah dianggap memberikan pemandangan cantik dan memberikan inspirasi tersendiri bagi pemburu ketenangan dan moment menakjubkan.

2. Kota Pasir di Namibia

Kota Pasir di Namibia (Mashable.com)
Kota Pasir di Namibia (Mashable.com)

Namibia merupakan daerah tandus dengan padang pasir yang menjadi pemandangan wajar di sana. Namun, ada sebuah kota bernama Kolmanskop yang tersapu badai pasir pada tahun 1950-an dan tidak berubah hingga sekarang. Padahal lokasi ini menjadi tempat penemuan berlian terbesar pada zamannya. Namibia memang terkenal dengan tambang berlian yang melimpah. Berkat pemandangannya yang unik, lokasi ini sering dikunjungi wisatawan. Padahal konon lokasi ini sangat berhantu loh JBers.

3. Taman Hiburan di Ukraina

Taman Hiburan di Ukraina (Mashable.com)
Taman Hiburan di Ukraina (Mashable.com)

Daerah Pripyat di Ukraina ditinggalkan karena bencana nuklir Chernobyl yang menggemparkan dunia. Banyak isu tentang hantu atau tempat disembunyikannya alien hingga eksperimen tertentu di tempat ini. Tapi ada satu taman hiburan yang dulu megah namun jadi penuh dedaunan seperti hutan belantara. Sekilas taman hiburan ini memang mirip taman hiburan berhantu. Walaupun tempat ini masih diragukan keamanan radiasi nuklirnya, tapi ada saja wisatawan yang datang ke sini. Taman hiburan ini pun pernah dijadikan setting game ‘Call of Duty’.

4. Taman Bermain di New Orleans

Taman Bermain di New Orleans (Mashable.com)
Taman Bermain di New Orleans (Mashable.com)

Badai Katrina sempat menyapu beberapa daerah di negara bagian Amerika Serikat dan membuatnya tidak bisa recovery seperti semula. Banyak tempat yang ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya, termasuk sebuah taman bermain super besar di New Orleans ini. Taman bermain terkenal yang bernama Sic Flag terpaksa berhenti beroperasi hingga kepemilikannya berpindah pada tahun 2010. Kamu pasti familiar dengan taman bermain ini karena taman bermain ini sudah beberapa kali jadi tempat syuting film seperti ‘Dawn of The Planet of The Apes’ dan ‘Jurassic World’.

JBers sudah tahu khan keempat tempat tersebut. Bagaimana menurut tanggapan JBers? Apakah tempat-tempat tersebut apik untuk dijadikan lokasi foto-foto kamu? (jow)