Kingdom of Ganesha (flikr.com)

Taman mini Indonesia ternyata bukan hanya terdapat di Indonesia saja loh JBers. Ternyata di negara Belgia juga ada taman mini Indonesia yang mirip alias serupa dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ada di negara kita ini. Meski sangat mirip, namun mereka tidak menamainya dengan nama yang serupa melainkand dengan nama The Kingdom of Ganesha. Taman yang ada di Belgia ini merupakan taman mini Indonesia satu-satunya di dunia selain di Indonesia sendiri tentunya.

Jalanan di Kingdom of Ganesha (www.pairidaiza.eu)
Jalanan di Kingdom of Ganesha (www.pairidaiza.eu)

Di taman ini terdapat beragam tempat menarik yang menunjukkan beragam ikon dari Indonesia. The Kingdom of Ganesha berada di lahan seluas 5 hektar yang termasuk dalam kawasan Parc Paradisio, Brugelette, Belgia.

Rumah adat di Kingdom of Ganesha (paradisexpress.blogspot.com)
Rumah adat di Kingdom of Ganesha (paradisexpress.blogspot.com)

Suasana yang ‘Indonesia banget’ bisa JBers temui begitu memasuki taman ini. Di depan gerbang, kamu akan disambut oleh rumah adat masyarakat Toraja. Beranjak ke dalam taman, kamu akan menjumpai bangunan khas yang sering terlihat di Pulau Bali. Replika Pura Agung Shanti Buwana di Kingdom of Ganesha juga dibuat sebesar ukuran aslinya.

Kingdom of Ganesha (pairidaiza.eu)
Kingdom of Ganesha (pairidaiza.eu)

Suasana Bali makin terlihat nyata lantaran di sekitar pura terhampar sawah ala Ubud yang berundak-undak. Adapula replika candi Borobudur dan Prambanan. Di The Kingdom of Ganesha ini, kamu juga akan melihat gajah yang langsung didatangkan dari Sumatera. Kabarnya, gajah Sumatera ini merupakan pemberian pemerintah Indonesia sebagai sebuah kado istimewa bagi 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Belgia.

Kingdom of Ganesha (travel.detik.com)
Kingdom of Ganesha (travel.detik.com)

The Kingdom of Ganesha yang memiliki nuansa serta sentuhan Indonesia yang sangat kental ini ternyata dibangun oleh para seniman Indonesia yang didatangkan langsung dari Bali dan Jawa Tengah. Bahan material yang digunakan juga didatangkan langsung dari Indonesia sehingga sentuhan nusantaranya sangat kental dan Indonesia sekali.

Bagaimana JBers? Apakah kamu ingin pergi ke Belgia untuk mengecek sendiri taman mini Indonesia ala Belgia? (jow)