Segarnya Sajian Es Serut dari Berbagai Negara Ini


Ingin makan sesuatu yang dingin dan manis saat cuaca sedang terik? Es serut hadir sebagai pilihan menu kuliner pelepas dahaga kamu. Sesuai dengan namanya, es serut alias icy dessert adalah kuliner yang terbuat dari es yang diserut dan disiram dengan sirup, susu kental manis, serta aneka pendamping lainnya seperti agar-agar, jelly, serta buah-buahan. Bukan hanya Indonesia yang memiliki menu kuliner es serut, di negara lain juga ada loh ternyata. Tapi beda negara, beda pula jenis es serutnya. Yuk simak ragam jenis es serut dari berbagai negara ini JBers!

1. Gula Melaka Baba Cendol dari Malaysia

Gula Melaka Baba Cendol (opensnap.com)
Gula Melaka Baba Cendol (opensnap.com)

Gula Melaka baba cendol merupakan sajian dingin nan manis yang paling populer di Malaysia saat musim kemarau tiba. Gula melaka baba cendol terdiri dari kacang, jagung manis serta cendol hijau yang ditata di bagian paling bawah mangkuk. Lalu di atasnya diberi es serut yang kemudian disiram dengan susu kental manis, krim kelapa manis, dan gula aren khas Melaka serta potongan buah mangga.

2. Nam Kang Sai dari Thailand

Nam Kang Sai (eatingthaifood.com)
Nam Kang Sai (eatingthaifood.com)

Nam kang sai adalah sajian es serut dalam mangkuk kaca yang berisi bahan-bahan yang dicincang pada bagian bawah mangkuk lalu ditumpuk dengan es serut, setelah itu diberikan topping buah-buahan berwarna-warni dengan potongan yang lebih besar di atasnya. Untuk pelengkap, es ini disiram dengan sirup manis di atasnya.

3. Shave Ice dari Hawai

Shave Ice (tikimanshaveice.com)
Shave Ice (tikimanshaveice.com)

Es serut khas dari Hawai ini memiliki tampilan yang sangat cantik dengan warna-warni siraman sirup yang dijamin membuat tenggorokan kamu kembali segar. Meski sekilas hanya berupa es yang diserut saja, di bagian bawahnya kamu akan mendapati kacang azuki yang manis loh.

4. Halo Halo dari Filipina

Halo Halo Ice (amazonaws.com)
Halo Halo Ice (amazonaws.com)

Halo-halo adalah es serut lokal khas Filipina yang berisi buah-buahan eksotis seperti nangka, kelapa, ampas kelapa, kacang hijau, ubi jalar ungu, jagung, dan mutiara. Es serut ini biasanya dilengkapi dengan satu scoop es krim yang akan mencair bersama dengan sup krim manis.

5. Kakigori dari Jepang

Kakigori (www.online-instagram.com)
Kakigori (www.online-instagram.com)

Es serut khas dari Jepang ini memiliki banyak variasi topping. Mulai dari yang biasa saja, yakni menggunakan susu kental manis, sirup, es krim, pasta kacang manis, hingga siraman krim teh hijau, gula hitam, serta manisan kacang kenari Jepang. Kakigori terus berinovasi dengan beragam topping. Topping terbaru yang sedang in adalah topping gulali.

6. Bao Bing dari Taiwan

Bao Bing (tastepotting.com)
Bao Bing (tastepotting.com)

Es serut khas Taiwan ini memiliki banyak topping untuk satu magkuk penyajiannya. Es serut akan ditumpuk dengan kacang merah, kacang hijau, talas, ubi jalar, kacang tanah, bola-bola, almond, ciccau, dan jenis jelly lainnya. Makan semangkuk Bao Bing bisa membuat kamu kekenyangan.

7. Bingsoo dari Korea Selatan

Bingsoo (lifestyle.inquirer.net)
Bingsoo (lifestyle.inquirer.net)

Berbeda dengan es serut dari negara lainnya, Bingsoo dari Korea ini dikenal sebagai kudapan yang kompleks dan elegan. Patbingsoo dengan topping kacang merah adalah salah satu yang paling tradisional. Selain kacang merah, masih ada jenis topping lainnya seperti, potongan buah, es krim, frozen yogurt, whipped cream, dan lain-lain.

Segar bukan JBers? Kalau kamu lebih suka es serut dari mana JBers? (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak