Sebelum perkembangan musik mancanegara semakin marak seperti hari ini, lagu-lagu milik musisi serta penyanyi luar negeri, termasuk lagu Jepang, yang tiba ke telinga pendengar musik Indonesia masih sangat selektif. Seiring berkembangnya teknologi, kini masyarakat Indonesia bisa mendengar hampir semua lagu milik musisi mancanegara manapun, tak terkecuali hasil karya para musisi Jepang yang sempat dianggap barang langka. Berikut adalah lagu-lagu Jepang yang populer di Indonesia, seperti yang sudah jadiBerita himpun untuk kamu.

1. Mayumi Itsuwa – Kokoro no Tomo

Tak perlu ditanya lagi, “Kokoro no Tomo” yang dinyanyikan oleh Mayumi Itsuwa memiliki notasi lembut yang indah dengan lirik dan refrain yang mudah dihapal. Bait “Ai wa itsumo Lullaby” juga sulit untuk dihilangkan dari kepala. Lagu ini cukup populer di Indonesia. Coba saja kamu tanya ke teman atau keluarga kamu, psatu ada satu atau dua orang yang tahu lagu ini.

2. Utada Hikaru – First Love

Dirilis pada 1999, Utada Hikaru sukses membuat “First Love” sebagai tembang paling digemari para pendengar musik di Indonesia berkat suara indah dan lirik serta reffrainnya yang mudah diingat. Album penyanyi ini yang juga berjudul “First Love” sempat rilis di Indonesia, dan laris manis.

3. Toshinobu Kubota – La La La Love Song

Lagu Jepang ini jadi populer di Indonesia berkat stasiun televisi Indonesia yang menayangkan drama Jepang berjudul “Long Vacation”. Drama tersebut menggunakan lagu ini sebagai lagu temanya.

4. Fumiya Fujii – True love

Lagu ini sangat disukai di Indonesia berkat lagu itu sendiri yang easy listening, notasi, lirik dan suara Fujii yang terdengar kebapakan. Lirik reffrainnya yang singkat memang sangat menyayat hati.

5. Do As Infinity – Fukai Mori

Dengan tayangnya anime “Inu Yasha” di Indonesia, otomatis lagu ini juga menjadi populer, karena lagu ini merupakan lagu soundtrack anime tersebut. Hingga kini lagu ini masih cukup populer di Indonesia.

6. Asian Kung-Fu Generation – Haruka Kanata

Nama Asian Kung-Fu Generation memang sangat terkenal di kalangan fans musik rock Jepang. Ditambah lagi salah satu lagunya, yaitu “Haruka Kanata” menjadi lagu pembuka anime “Naruto”, yang sempat booming di Indonesia, maka terkenal pulalah lagu ini.

7. Lagu Jepang Judy and Mary – Sobakasu

Sama seperti sebelumnya, lagu “Sobakasu” dari band Judy and Mary ini juga populer berkat anime “Samurai X” tayang di Indonesia. Bagi yang awam dengan Judy and Mary selaku band yang mempopulerkan lagu ini, tentunya akan menyangka kalau Sobakasu dinyanyikan oleh anak-anak. Namun begitu diteliti, ternyata vokalisnya yang notabene seorang wanita, sudah berusia sekitar 23-24 tahun saat menyanyikannya.

8. L’Arc~en~Ciel – Stay Away

Bisa dibilang kalau L’Arc~en~Ciel merupakan band Jepang yang paling terkenal di Indonesia, ditambah lagi mereka pernah manggung di Indonesia beberapa tahun lalu. Salah satu lagu yang ditunggu-tunggu adalah “Stay Away”, yang memiliki nada catchy serta line bass yang cukup sulit ditiru.

9. Kiroro – Mirai e

Lagu “Mirai e” yang diciptakan duet wanita Kiroro ini, tentu tak bisa luput dari ingatan siapapun yang telah mendengarnya. Liriknya yang memiliki arti penyesalan seorang anak yang menyia-nyiakan kasih sayang ibunya, kerap membuat lagu berirama sedih ini dijadikan sebagai lagu pengiring perpisahan. Lagu ini populer di Indonesia karena lagunya yang mudah diingat dan enak di telinga. (tom)