Peran guru dalam dunia pendidikan memang sangat penting. Guru adalah orang yang mengajarkan kita banyak hal dan menjadikan kita menjadi orang pintar dan berwawasan luas.

Bisa dikatakan guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang tak pernah meminta imbalan kepada muridnya. Seolah ingin memberi apresiasi pada guru, sineas Indonesia pun membuat film-film yang bercerita tentang perjuangan guru.

Inilah 5 film Indonesia yang angkat kisah perjuangan guru versi jadiBerita.

1. Sang Pencerah

Sang Pencerah (21cineplex)
Sang Pencerah (21cineplex)

Sang Pencerah masuk dalam kategori film yang berkisah tentang guru. Film yang dibintangi oleh aktor Lukman Sardi ini bercerita tentang sosok pahlawan sekaligus guru yang bernama Ahmad Dahlan yang berjuang keras dalam mendirikan organisasi Muhammadiyah. Selain Lukman Sardi, bintang lain yang terlibat dalam film ini antara lain Ihsan Idol sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

2. Batas

Batas (filmindonesia)
Batas (filmindonesia)

Urutan kedua ada film berjudul Batas. Ini adalah film yang tayang pada Mei 2011. Batas adalah film garapan Rudi Soedjarwo. Marcella Zalianty dan Arifin Putra menjadi tokoh utama dalam film Batas. Marcella berperan sebagai Jaleswari. Ia bertugas untuk memperbaiki kinerja program CSR dalam bidang pendidikan yang pada saat itu terputus, tanpa kejelasan. Jaleswari pun masuk ke pedalaman Kalimantan.

3. Sokola Rimba

Sokola Rimba (21cineplex)
Sokola Rimba (21cineplex)

Sokola Rimba juga mencatatkan diri sebagai film yang angkat perjuangan guru. Prisia Nasution berperan sebagai Butet Manurung yang merupakan salah satu guru di Sokola Rimba. Setelah bertahun-tahun bekerja di lembaga konservasi di wilayah Jambi, ia memutuskan untuk menjadi pengajar baca-tulis dan berhitung kepada anak-anak Suku Anak Daman yang lebih dikenal sebagai Orang Rimba. Sokola Rimba disutradari Riri Riza dan Mira Lesmana.

4. Denias, Senandung di Atas Awan

Denias Senandung di Atas Awan (filmindonesia)
Denias Senandung di Atas Awan (filmindonesia)

Posisi empat ada film Denias, Senandung di Atas Awan. Albert Fakdawer adalah remaja yang berperan sebagai tokoh Denias. Denias sendiri bersekolah di sebuah pondok sangat sederhana. Denias diasuh oleh seorang guru yang disebut Pak Guru. Guru itu diperankan oleh Mathias Muchus yang berasal dari Jawa.

5. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (21cineplex)
Laskar Pelangi (21cineplex)

Terakhir Laskar Pelangi pun menjadi film yang berkisah perjuangan guru. Film ini menceritakan kisah 10 murid bersama 2 guru yang sangat inspiratif, Muslimah (Cut Mini) dan Harfan (Ikranegara). Film ini pun menampilkan kisah haru ketika murid-murid ditinggal guru yakni Pak Harfan yang meninggal dunia.

(nha)