Best friend (hercampus.com)

Sahabat, dia adalah seseorang yang selalu ada saat kamu tenagh merasakan suka ataupun duka. Selain keluarga, dialah sosok terbaik sebagai penyemangat dan pendukung dalam hidup. Sahabat bisa kamu temukan dimana saja, asalkan rasa saling perhatian dan menyayangi itu tumbuh di antara kalian. Tak terhitung momen yang dilalui bersama, dan tak sedikit pengorbanan yang dilakukan sahabat  untukmu, tapi sudakah kamu menghargai dan mengucapkan banyak terima kasih atas semua hal itu? Sebaiknya saat ini juga kamu harus berterima kasih kepada sahabat-sahabatmu, karena mereka telah melakukan hal-hal ini untukmu…

1. Penyempurna hidup

Hidup akan jauh lebih sempurna dan bahagia kalau sama sahabat (tumblr.com)

Dalam satu situasi, kamu akan merasa hampa kalau nggak ada sahabatmu di dekatmu. Bahkan kamu akan merasa nggak semangat dan nggak punya energi untuk menjalani hari-harimu. Kalau kamu sudah bertemu dengan sahabat-sahabatmu, kamu pasti akan bahagia bukan kepalang. Kamu bisa melupakan segala masalahmu jika berada di antara mereka. Segalanya menjadi lebih indah dan berwarna dikala menghabiskan waktu dalam kebersamaan dalam riang, tawa serta canda, bahkan ketika harus menunggu dan disaat semua orang merasa bosan.

2. Jujur

Sahabatmu lagi jujur ke kamu tentang sikapmu nih (estestherapy.com)

â??Gue nggak suka sama sifat lo yang kayak gini. Jangan egois.â?

Banyak orang berkata tidak jujur untuk menyembunyikan kenyataan demi kebaikan diri sendiri dan orang lain agar tidak menyakiti perasaan seseorang. Namun, seorang sahabat akan selalu berbicara jujur meskipun kebenaran itu benar-benar membuat sakit. Karena rasa sayang yang dimiliki seorang sahabat, maka sahabat ingin kamu tampil lebih sempurna lagi di mata orang dengan tiada celah sedikitpun. Maka ia akan selalu berkata jujur untuk kebaikanmu.

3. Rela Berbagi

Kamu jangan galau, ada sahabatmu yang siap membantu (cdn.com)

Kamu           : â??Rin, Heri minta putus. Gue sedih banget!â?

Sahabat        : â??Oke nanti ceritanya ya. Sekarang gue ke rumah loâ?

Seperti kata peribahasa â??berat sama dipikul, ringan sama dijinjingâ?, itulah peran sahabat. Kalau kamu punya masalah, jangan hanya dipendam sendiri tapi sebaiknya kamu berbagi dengan sahabat yang selalu sedia meluangkan waktunya jika ada masalah karena siapa tahu sahabat  bisa membantu. Persahabatan itu mempunyai prinsip kamu tidak akan pernah sendirian.

4. Saran dan diskusi

Ganteng-ganteng ini lagi berdiskusi (123rf.com)

Kamu   : â??Jadi kita mau mulai bisnis apa nih?â?

Sahabat: â??Jangan sesuatu yang hanya sesaat ya. Nanti bisnis kita juga sesaat. Hm, apa ya…â?

Selain rela berbagi dan meluangkan waktunya untukmu, sahabat juga akan senang berdiskusi denganmu dan memberikanmu saran terbaik. Apapun yang kalian diskusikan biasanya akan memiliki nilai, lain halnya jika kamu hanya ngobrol dengan temanmu.

5. Perduli dan perhatian

Sahabat kamu tuh sebenarnya perhatian (envato.com)

â??Lebih baik lo makan dulu, jangan sok jadi superhero yang nggak butuh makan deh.â?

Berbagai macam bentuk perhatian dan keperdulian yang sahabat berikan kepadamu. Mungkin kalimatnya sederhana dan terkesan bercanda, namun dibalik itu semua sebenarnya dia perduli terhadapmu. Bahkan terkadang hebatnya seorang sahabat adalah ia akan langsung paham kalau kamu lagi dirundung masalah, bahkan meski kamu menyembunyikannya.

(anb)