Peraturan Tak Tertulis Buat Kamu yang Doyan Chatting

Siapa yang nggak pernah melakukan chatting sama sekali? Mustahil rasanya jika seseorang di dunia ini tidak pernah melakukan chatting sekalipun dalam hidupnya. Chatting tidak hanya melalu media sosial loh, tetapi juga melalui feature perpesanan diponsel kita. Maka dari itu, nggak mungkin dong kalau kamu nggak pernah chatting, apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih. Bicara soal chatting, ternyata ada loh peraturan tak tertulisnya. Peraturan tak tertulis ini juga bisa disebut dengan etika mengirim pesan. Mau tahu apa saja peraturannya? Yuk simak artikel ini:

1. Tahu waktu

Kalau kamu ingin mengirim pesan atau chatting dengan seseorang kamu harus tahu waktu, jangan pada saat-saat dia sedang sibuk sekolah atau sekolah. Kamu tega kewajibannya terganggu? Selain waktu tersebut, kamu juga nggak mungkin kan kalau mengirim pesan jam 2 atau 3 malam? Kalau yang kamu kirimi pesan lagi begadang sih nggak apa-apa.

2. Tidak perlu mengirim pesan terlalu panjang

Guys, pesan teks itu bukan buku, jadi kamu nggak perlu menulis pesan panjang lebar seperti ingin menulis cerita bersambung. Kalau memang kamu ingin cerita, kamu bisa langsung menelpon atau menulis secara langsung. Karena saat kamu mengirim pesan panjang lebar, dia yang menerima pesanmu akan bingung ingin menjawab apa.

3. Tanggapi dengan baik

Saat mengirim pesan, kamu tentu ingin mendampatkan respon atau tanggapan yang baik dari si penerima pesan, maka kamu juga sebaiknya menanggapi pesan orang dengan baik. Saat temanmu sudah ngomong panjang lebar, bercerita sesuatu atau meminta bantuan melalui pesan singkat, masa kamu tega hanya menjawabnya dengan kata â??Okâ?, â??Ohâ?, atau â??Yaâ?.

4. Hindari caps lock

Penggunaan caps lock dalam dunia komunikasi sebenarnya sensitif loh guys. Kalau dalam komunikasi bisnis penggunaan caps lock cukup dihindari, kecuali merupakan suatu format untuk surat tertentu. Caps lock mengindikasikan bahwa si pengirim pesan berada dalam emosi dan marah. Nggak etis rasanya kalau kamu menggunakan caps lock saat kamu mengirim pesan, apalagi menggunakannya pada semua kata.

5. Jangan menggunakan kata-kata kasar

Sama dengan penggunaan caps lck, maka sepatutnya kamu tidak menggunakan kata-kata kasar. Pesan teks tidak bernada, sehingga apa yang kamu maksudkan tidak sama dengan tanggapan dari si penerima pesan. Kalau kamu sering menggunakan kata-kata kasar saat mengirim pesan, dijamin deh nggak akan ada yang mau chatting sama kamu.

6. Jangan chatting saat berkendara

Ini juga penting guys, jangan chatting saat berkendara, bahaya loh. Tidak hanya membahayakan dirimu sendiri, tetapi juga orang lain. Karena sibuk chatting, maka kamu tidak akan konsentrasi dalam berkendara. Kamu nggak akan sadar kalau ternyata seandainya ada seseorang yang ingin menyebrang. Duh, jangan sampai ya.

(anb)

Written by Anabel

Volume up, turn on the music~

Komik Terkecil di Dunia, Pakai Media Rambut Manusia

5 Orang Ini Jadi Jenius Setelah Tertimpa Musibah