Bandung merupakan salah satu kota besar yang ada di Tanah Air selain Jakarta. Kota ini memiliki beragam lokasi wisata dan menjadi salah satu yang giat mempromosikan seni, sastra dan kekayaan Indonesia.

Kota yang berada di Jawa Barat ini memiliki banyak prestasi. Bandung pernah terpilih dan sukses menjadi tuan rumah untuk mengadakan Peringatan Konferensi Asia Afrika. Bahkan baru-baru ini, kota ini kembali menorehkan prestasi secara Internasional. Bandung terpilih menjadi salah satu kota yang mendapat gelar Kota Kreatif dari UNESCO. Kota Kembang ini berada dalam daftar bersama dengan 47 kota lain dari 33 negara di dunia.

Direktur jenderal UNESCO, Irina Bokova mengungkapkan ada tujuh bidang dalam Kota Kreatif tersebut. “Terdapat tujuh bidang kreatif dalam UNESCO Creative Cities Network untuk ke-47 kota itu, yakni kerajinan dan kesenian rakyat, desain, film, gastronomy, sastra, media dan seni musik,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Kemendikbud, Rabu (16/12/2015).

Irina Bokova (Focus2014)
Irina Bokova (Focus2014)

Sementara itu, Bandung saat ini tengah gencar mempromosikan proyek “Bandung Metropolis”. Proyek ini disebut-sebut sebagai Silicon Valley yang ada Indonesia.

Sebelum kota Bandung, Pekalongan telah terlebih dahulu masuk dalam daftar Kota Kreatif UNESCO. Kota ini terpilih dalam bidang kerajinan dan kesenian. Semoga saja nantinya akan lebih banyak lagi kota-kota di Indonesia yang terpilih untuk mendapatkan gelar Kota Kreatif dari UNESCO. (tom)