VIDEO: Ini Dia Mobil yang Digerakkan Pakai Otak

Lelah mengendarai mobil demi mobilitas dan rutinitas sehari-hari? Beberapa di antara kamu pasti ada yang punya keinginan untuk merekrut seorang supir atau justru kamu malah berangan punya mobil yang bisa berjalan sendiri. Sepertinya mustahil? Jangan salah, karena kini sudah ditemukan mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa kita kemudikan.

Dilansir dari AJPlus, Rabu (16/12/2015), mobil yang bisa bergerak sendiri itu dibuat oleh seorang peneliti asal Tiongkok bernama Zhang Zhao. Mulai sekarang, kamu bisa memesan mobil otomatis tersebut melalui dirinya, karena memang Zhang sedang mengembangkannya di Universitas Nankai, Tianjin, Tiongkok.

Mobil ini memang tidak sepenuhnya otomatis, karena masih membutuhkan otak kita untuk menggerakkan mobilnya. Meski demikian, paling tidak kita tak perlu lagi terus memegang setir atau terus menginjak pedal gas atau rem, dan kita hanya perlu duduk manis serta mengaturnya dengan otak kita.

Pria yang diketahui sampai menghabiskan kurang lebih 2 tahun untuk membuat mobil yang bisa digerakkan dengan otak ini memang bikin dunia melongo. Bagaimana tidak, sebab dengan alat khusus seperti transmitter dan sensor khusus yang diletakkan di kepala mampu mengontrol kemudi secara otomatis. Ya, alat yang disebut Electroencephalogram (EEG) memang sudah diuji coba dan berhasil dengan mulus saat melakukannya.

Bisa dibilang kalau mobil ini mungkin bakal jadi satu-satunya pesaing Google Self Driving Car (SDC). Sebab, ke depannya Zhang bakal mengembangkannya hingga mobil ini bisa digunakan dengan kontrol jarak jauh.

Penasaran seperti apa mobil yang digerakkan pakai otak ini? Langsung saja tonton videonya di atas. (tom)

 

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...