Memasuki bulan Desember, pasti berkaitan dengan yang namanya Natal dan Tahun Baru. Merayakan pergantian tahun biasanya hanya dilakukan sekali setiap tahunnya. Namun, ternyata kamu bisa merayakan pergantian tahun sebanyak dua kali. Syaratnya, kamu harus ke tempat-tempat berikut ini, seperti dilansir dari Telegraph, Rabu (16/12/2015).

1. Selandia Baru dan Cook Islands

Tempat golf di Selandia Baru (Pixabay)
Tempat golf di Selandia Baru (Pixabay)

Selandia Baru adalah salah satu negara yang pertama menjadi saksi pergantian tahun baru. Namun, Cook Islands, yang terletak di selatan Samudra Pasifik, menjadi salah satu negara yang merayakan pergantian tahun paling terakhir di dunia ini. Penerbangan antara keduanya hanya memakan waktu satu jam. Jadi, kamu bisa menghabiskan 31 Desember di Auckland, Selandia Baru, lalu pada pagi harinya menggunakan penerbangan pada pukul 08.50, terbang menuju Avarua di Rarotonga. Di negara ini waktu masih menunjukan 1.40 siang pada 31 Desember.

2. Swedia dan Finlandia

Kota di Swedia (Binus)
Kota di Swedia (Binus)

Eropa merupakan kawasan yang di setiap negaranya memiliki perbedaan waktu. Salah satunya di sepanjang perbatasan antara Swedia dan Finlandia, tepatnya disepanjang Sungai Muonio. Finlandia memiliki waktu dua jam lebih maju dari Greenwich, sedangkan Swedia hanya sejam. Untuk bisa merasakan dua kali tahun baru, kamu bisa lebih dulu menikmati Karesuando di sisi Swedia lalu menyebrang menuju Karesuvanto yang menjadi bagian dari Finlandia.

3. Spanyol dan Portugal

Madrid Cibeles Fountain di Spanyol (Hollandstudy)
Madrid Cibeles Fountain di Spanyol (Hollandstudy)

Negara lainnya di Eropa yang bisa dimanfaatkan perbedaan waktunya untuk merayakan pergantian tahun adalah Spanyol dan Portugal. Hal ini diakses melalui sebuah wilayah di Spanyol bernama Extremadura berbatasan langsung dengan Alentejo, Portugal. Perjalanan kedua tempat tersebut hanya memakan waktu 20 menit atau menempuh jarak sekitar 9 mil.

4. Florida

Pemandangan di Florida (Careersinpsychology)
Pemandangan di Florida (Careersinpsychology)

Di negara bagian ini, terdapat dua perbedaan waktu, yaitu Eastern Standard Time (EST) dan Central Standard Time (CST). Pertama, nikmatilah pergantian tahun di Apalachicola, kemudian kamu bisa ke kota tetangganya, Port St. Joe, untuk merayakan tahun baru yang kedua. Kedua tempat itu berjarak 23 mil atau ditempuh hanya dengan 25 menit.

5. Arizona dan California

Pemandangan di Arizona (National Geographic)
Pemandangan di Arizona (National Geographic)

Arizona menggunakan Mountain Standard Time (MST) dan California satu jam lebih mundur, dengan menggunakan Pacific Standard Time (PST). Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal tahun 2015 di Arizona Village, sebelah bagian timur sungai Colorado. Kemudian kamu bisa menyebrang menuju sebuah kota kecil di California, Needles, untuk mengucapkan perpisahan tahun 2015 yang kedua kalinya. (tom)