5 Kota Paling Dingin di Indonesia

Memasuki musim hujan tentu membuat setiap wilayah di Indonesia yang notabene cerah dan kerap mendapatkan penyinaran matahari yang cukup menjadi lembab dan memiliki udara yang dingin. Kamu yang tidak biasa dengan udara dingin mungkin agak kesulitan menyesuaikan diri dengan cuaca akhir-akhir ini, tetapi ada loh beberapa kota di Indonesia yang memang memiliki udara dingin, dengan atau tanpa tetes air hujan. Ini dia 5 kota paling dingin di Indonesia yang dikutip dari skyscanner:

1. Mulia, Papua

Bumi Mulia yang indah (blogspot.com)

Sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Puncak Jaya, Papua ini berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Kota yang dikenal sebagai salah satu daerah konflik di Papua ini merupakan kota pengunungan yang sangat dingin. Suhu normal di kota itu ketika siang hari berkisar antara 15-20 derajat celcius, bahkan jika malam datang suhu udara di sana bisa mencapai 10 derajat celcius. Brrrr, dinginnya.

2. Berastagi, sumatera utara

Cantik ya Berastagi (sumatera-indonesia.com)

Kota yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Suhu di kota ini dikala siang hari mencapai 25 derajat celcius dan saat malam hari mencapai 21 derajat celcius. Kota ini diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, Berastagi memiliki pemandangan yang memikat, seperti Air Terjun Sikulikap.

3. Padang panjang, sumatera barat

Keren banget kan di Padang Panjang? (panoramio.com)

Kota ini dikelilingi oleh tiga gunung yakni Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat, dan terletak 650 hingga 950 meter di atas permukaan laut. Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin dengan suhu maksimalnya mencapai 26 derajat celcius dan suhu minimal 22 derajat celcius.

4. Ruteng, NTT

Pemandangan alam Ruteng, NTT (florestourism.com)

Kota Ruteng berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Bukan Manggarai yang di Jakarta Selatan loh ya guys.  Berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Ruteng memiliki udara yang cukup dingin. Tak hanya memiliki udara yang sejuk, kota ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah loh.

5. Gayo Leus, Aceh

Gayo Leus, Aceh (seputaraceh.com)

Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Kabupaten ini merupakan penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh dan paling dikenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang telah mendunia.

(anb)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...