Beda Negara, Beda Minuman yang Disajikan Saat Natal

Wassail (www.singforyoursupperblog.com)

Natal merupakan hari besar bagi umat kristiani. Moment Natal biasanya dijadikan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan orang tersayang. Saat berkumpul tersebut, tentunya tidak akan lengkap tanpa adanya menu makanan dan minuman yang tersaji di atas meja. Di beberapa negara, ada minuman khas yang disajikan saat Natal loh JBers. Tentunya minuman tersebut berbeda jenisnya. Berikut 9 minuman dari 9 negara yang biasa disajikan saat Natal, yaitu:

1. Gluhwein dari Jerman dan Austria

Gluhwein (www.munichmom.com)
Gluhwein (www.munichmom.com)

Gluhwein merupakan sejenis minuman anggur yang sangat populer di Jerman dan Austria saat perayaan Natal. Minuman berbasis anggur merah tersebut dibuat dengan cara tradisional lalu diberikan bumbu dari kombinasi kayu manis, kapulaga, jahe, dan jeruk pahit.

2. Eggnog dari Kanada dan Amerika Serikat

Eggnog (christmas.holidayscentral.com)
Eggnog (christmas.holidayscentral.com)

Eggnog merupakan minuman favorit saat Natal yang pasti tersaji di atas meja orang-orang Kanada dan Amerika Serikat. Eggnog terbuat dari campuran susu, telur, dan gula. Untuk menambah varian rasa, enggnog ditambahkan bourbon, rum, brandy, atau jenis alkohol lainnya.

3. Cola de Mono dari Chili

Cola De Mono (elblogdelupi.com)
Cola De Mono (elblogdelupi.com)

Cola de Mono dalam bahasa Chili berarti ekor kera. Minuman khas asal Chili ini sekilas memang mirip eggnog. Cola de mono yang disajikan dingin ini dibuat dari krim dengan campuran rum atau brandy, susu, kacang, kopi, vanila, pala, kayu manis, dan cengkeh.

4. Glogg dari Skandinavia

via all recipes

Glogg merupakan minuman khas anggur asli yang ditemukan saat akhir tahun menjelang Natal. Glogg bisa dibuat dengan campuran kandungan alkohol atau non-alkohol yang diolah dari sari pati jus anggur. Glogg biasa disajikan dengan campuran bumbu kayu manis, jeruk, cengkeh, kismis, dan almond.

5. Wassail dari Inggris

Wassail
Wassail

Tradisi Wassailing di Inggris sudah dilakukan sejak berabad-abad lamanya, yakni sekitar tahun 1400-an. Tradisi klasik ini adalah cara menyampaikan harapan serta keinginan bagi keluarga dan teman-teman. Saat Wassailing, selalu ada minuman wassail yang dibuat dari bahan dasar sari ale yang disajikan panas.

6. Ponche Navideno dari Mexico

Ponche Navideno
Ponche Navideno

Ponche Navideno yang kaya akan rasa ini terbuat dari campuran buah kering dan buah segar seperti kismis, apel, plum, aprikot kering, nanas, dan pepaya. Untuk menambah cita rasa lagi diberikan bumbu kayu manis, cengkeh, irisan jeruk, dan sedikit rum.

7. Poppy Milk dari Lithuania

Poppy Milk (gbtimes.com)
Poppy Milk (gbtimes.com)

Bagi masyarakat Lithuania, poppy milk merupakan menu minuman yang wajib disajikan dalam perjamuan Natal. Mirip dengan proses pembuatan susu almond, minuman sederhana ini dibuat dari biji poppy, air, dan madu.

8. Coquito dari Puerto Rico

Coquito (www.alwaysorderdessert.com)
Coquito (www.alwaysorderdessert.com)

Coquito sangat populer di kawasan Karibia, khususnya di Puerto Rico. Minuman ini memiliki variasi yang beragam. Secara umum, minuman ini terbuat dari olahan campuran susu kental, vanila, santan, dan rempah-rempah seperti, cengkeh, pala, dan kayu manis.

9. Sorrel Punch dari Jamaika

Sorrel Punch (blog.sousvidesupreme.com)
Sorrel Punch (blog.sousvidesupreme.com)

Sorrel Punch yang banyak ditemukan saat Natal di Jamaika ini berwarna cokelat kemerah-merahan. Sorrel Punch dibuat dari kelopak jenis kembang sepatu yang dicampur dengan beberapa bahan, seperti gula, jeruk nipis, jahe, air, dan rum. (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

Intip Santapan Favorit Para Tokoh Karakter Star Wars

Inilah Pempek Hitam Pertama di Indonesia