Siapa tokoh Walt Disney favorit kamu JBers? Tokoh yang kocak seperti Mickey Mouse, Donal Duck, Guffy, atau tokoh-tokoh dari cerita seri Disney Princess seperti Cinderella, Snow White, Pocahontas? Siapapun tokoh favorit kamu di Walt Disney, kamu pasti akan selalu mengenang masa kecil saat mengingat tentang tokoh Walt Disney favorit kamu.

The Walt Disney Family Museum (www.cleverhousewife.com)
The Walt Disney Family Museum (www.cleverhousewife.com)

Kali ini JadiBerita akan mengajak kamu bernostalgia dengan mengenal museum Walt Disney yang ada di San Fransisco, Amerika Serikat. The Walt Disney Family Museum menyimpan semua sejarah Walt Disney mulai dari tahun berdirinya hingga sekarang. Walt Disney adalah inspirator besar di balik kisah-kisah klasik para tokoh kartun kenamaan yang namanya tidak akan lekang oleh waktu.

Walt Disney dan kakaknya Roy (cleverhousewife.com)
Walt Disney dan kakaknya Roy (cleverhousewife.com)

Di The Walt Disney Family Museum, kamu dapat merasakan kehidupan, keberhasilan, kekecewaan, serta optimisme Walt Disney. Seperti yang kamu tahu, Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney adalah seorang produser film, sutradara, animator, dan pengisi suara yang berani mengambil risiko dan selalu pantang menyerah saat bekerja memajukan seni animasi.

Dilansir dari Tribun, The Walt Disney Family Museum menempati sebuah bangunan bersejarah di Presidio, termasuk dalam Kawasan Rekreasi Nasional Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Museum seluas 3.700 meter persegi itu menggabungkan sejarah dengan teknologi yang dikemas dalam cita seni apik.

Salah Satu Rak Penghargaan Walt Disney (en.wikipedia.org)
Salah Satu Rak Penghargaan Walt Disney (en.wikipedia.org)

Pada bagian lobi museum ini dipajang 248 penghargaan yang pernah diterima Disney sepanjang masa kariernya, antara lain Presidential Medal of Freedom dan sejumlah Academy Awards. Ada pula penghargaan kehormatan untuk Snow White and the Seven Dwarfs berbentuk satu Oscar bersama tujuh miniaturnya. Bangunan utama museum yang diresmikan pada 1 Oktober 2009 berisi benda-benda bersejarah dan artefak yang menjadi saksi pencapaian-pencapaian Disney. Di museum ini, terdapat galeri interaktif yang memasang lebih dari 200 layar video yang menayangkan gambar dan animasi yang dibuat Disney pada awal karier. Selain itu, ada sepuluh galeri permanen yang menceritakan sejarah keluarga Walt Disney hingga kematiannya pada 15 Desember 1966.

Fantasia Teater Digital (www.printmag.com)
Fantasia Teater Digital (www.printmag.com)

Di Fantasia, ruang teater digital di lantai bawah museum, kamu bisa menyaksikan cerita-cerita klasik Disney yang dimainkan tiap hari, enam hari dalam sepekan. Potongan-potongan yang berhubungan dengan miniatur Carolwood Pacific Railroad milik Walt Disney yang dibangun di halaman belakang rumahnya, juga ditampilkan di museum. Tak ketinggalan lokomotif kesayangannya, Lilly Belle. Favorit abadi para museumgoers adalah Disneyland Mini, miniatur Disneyland setinggi 4 meter dalam bentuk seperti asli seperti yang Disney cetuskan. Juga tak kalah menariknya Museum Store dan Learning Center.

Karakter Mickey Mouse (www.e-architect.co.uk)
Karakter Mickey Mouse (www.e-architect.co.uk)

The Walt Disney Family Museum adalah lembaga non-profit yang secara resmi dimiliki, dioperasikan, dan didanai Walt Disney Family Foundation. Walt Disney Family Foundation didirikan oleh keturunan Disney, antara lain Diane Disney Miller, putri kandung Disney sekaligus pendiri museum. Hal ini untuk menegaskan The Walt Disney Family Museum tidak ada hubungannya dengan perusahaan media dan hiburan The Walt Disney Company karena tujuannya murni sebagai bentuk apresiasi terhadap Walt Disney atas karya-karyanya yang sangat inspiratif dan kreatif. (jow)