Hari ini, tepat tanggal 22 Desember merupakan Hari Ibu nasional di Indonesia. Apakah mereka yang sudah tidak memiliki ibu tidak boleh atau tidak bisa merayakan hari ibu nasional ini? Kalau selama ini banyak media yang membahas mengenai hal-hal atau benda yang bisa kamu jadikan sebagai kado cantik untuk ibumu tercinta yang masih ada di dunia, kali ini JadiBerita akan membahas mengenai hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk ibumu tercinta yang sudah tiada dihari ibu nasional ini. Guys, kalau kamu salah satu di antara mereka yang sudah tidak memiliki ibu, simak artikel ini dengan baik ya. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendiang ibumu:

1. Kunjungi makam beliau

Nikita tengah mengunjungi makan kedua orangtuanya (instagram.com)
Nikita tengah mengunjungi makan kedua orangtuanya (instagram.com)

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali kamu mengunjungi makam beliau? Kalau sudah cukup lama, sebaiknya kamu kunjungi segera makan ibumu. Kalaupun baru kemarin kamu mengunjungi makam beliau, tidak ada salahnya kan kalau kamu mengunjunginya lagi kalau kamu sedang tidak sibuk? Rapihkan dan bersihkan makam beliau dengan tanganmu sendiri, seperti selama ini beliau menjaga dan merawatmu.

2. Kirimkan doa

Kirimkan doa untuk beliau (whstatic.com)

Kalau kamu tidak mungkin untuk mengunjungi makam beliau, kamu bisa mengirimkannya doa. Hal itu justru akan lebih terasa manfaatnya untuk mendiang beliau. Kirimkan doa agar beliau senantiasa berada dalam pelukan Sang Mahakuasa.

3. Sedekah atas namanya

Bersedekah atas namanya (alquranclasses.com)

Ya, sedekah atas namanya juga bisa menjadi salah satu cara untuk merayakan hari ibu bagimu meskipun ibumu telah tiada. Sedekah atas namanya akan menambah pahala untuknya. Tentu kamu akan bahagia kan kalau pahala ibumu terus bertambah? Itu artinya, ibumu akan terus berada di dalam surga.

4. Ucapkan â??Selamat Hari Ibuâ? kepada mereka yang kamu kasihi

Ucapkan ‘Selamat Hari Ibu’ kepada mereka yang kamu kasihi (singaporebrides.com)

Meskipun ibumu sudah tiada, bukan berarti kamu tidak bisa mengucapkan â??Selamat Hari Ibuâ?. Kamu tetap bisa kok mengucapkan kalimat itu, meskipun bukan untuk ibumu. Namun kamu bisa mengucapkannya kepada mereka yang kamu anggap seperti ibumu sendri, seperti kepada ibu pacarmu, ibu sahabatmu, adik ibumu, nenekmu atau siapapun yang kamu kasihi.

5. Jangan bersedih

Berhentilah bersedih, banggakan beliau (ftcdn.net)

Ya, kamu jangan bersedih dihari ini meskipun tidak bisa lagi bertemu, memeluk dan memberikan kado istimewa untuk ibumu tercinta. Karena kalau kamu bersedih secara berlebihan, hal itu juga akan membuatnya bersedih di alam sana. Kamu lebih baik melakukan hal-hal positif di atas daripada meratapi kenyataan yang memang harus kamu terima. Sekarang adalah saatnya untukmu membuat beliau bangga, bukan lagi menangisi kepergiannya.

(anb)