Indonesia kini sepertinya butuh problem solver untuk menuntaskan semua masalah agar tidak berlarut-larut dan kembali jadi negara yang damai dan tentram. Sayangnya, tidak pernah ada yang namanya cara mudah untuk mengatasi masalah. Apalagi yang kita bicarakan adalah problematika besar yang ada di negara ini. Namun, sepertinya kita bisa menggantungkan solusi dari masalah besar tersebut kepada teknologi. Dilansir dari Boombastiscom, Rabu (23/12/2015), berikut adalah 5 teknologi yang paling dibutuhkan Indonesia saat ini.

1. Mesin pendeteksi kebohongan canggih

Setya Novanto (Aktual)
Setya Novanto (Aktual)

Solusi dari banyak masalah di Indonesia, terutama kasus-kasus pelik, semacam korupsi dan juga sidang kelas berat seperti Setya Novanto, sebenarnya hanya satu, yaitu jujur. Cukup dengan jujur, maka masalah akan langsung beres. Sayangnya, yang terjadi justru sebaliknya. Harus berbelit-belit dulu untuk kemudian baru ditunjukkan yang sebenarnya. Oleh karenanya, kita butuh yang namanya lie detector atau mesin deteksi kebohongan. Tinggal pakai, tak butuh lama, kita sudah bisa mengetahui si terdakwa jujur atau berbohong. Ini jadi solusi pas di saat kebenaran adalah hal yang samar seperti sekarang ini.

2. Alat pendeteksi foto palsu

Foto Abraham Samad (Gayahidupku)
Foto Abraham Samad (Gayahidupku)

Kita sudah sangat sering disuguhi berita-berita foto skandal. Mulai dari Abraham Samad, sampai yang terakhir adalah Pasha Ungu. Kita butuh tahu untuk melihat maksud si penyebarnya, sekaligus masalah keaslian foto yang akan jadi solusi dari masalah tersebut. Sudah saatnya kita punya yang namanya mesin deteksi keaslian foto. Entah bagaimana mekanismenya, yang penting kita punya sebuah alat yang bisa dipercaya. Dengan alat ini, kita juga tak perlu menunggu terlalu lama hanya untuk sekedar mengetahui apakah sebuah foto tersebut asli atau tidak.

3. Mesin penyedot asap

Bencana asap (Pabelan Online)
Bencana asap (Pabelan Online)

Asap jadi tragedi paling menyita perhatian beberapa waktu lalu. Bagaimana tidak heboh asapnya saja sampai menutupi kota-kota dan bikin aktivitas masyarakat terganggu. Bahkan negara tetangga juga ikut kena dampaknya. Sudah saatnya Indonesia punya teknologi yang bisa memberantas masalah asap ini. Entah mesin raksasa penghisap asap, atau pesawat pemadam asap otomatis. Berbekal teknologi canggih maka asap-asap akan segera menghilang dan tak mengganggu aktivitas warga.

4. Transportasi super cepat

Macet (Rusmanjay)
Macet (Rusmanjay)

Macet, kecelakaan berakibat kematian, kasus kriminal di jalan, adalah buntut dari problematika transportasi kita. Ini saatnya pemerintah mendatangkan teknologi transportasi massal yang canggih. Tujuannya untuk menggantikan kendaraan-kendaraan di jalan sehingga akan banyak masalah seperti yang telah disebutkan tadi bisa teratasi.

5. Mesin daur ulang sampah

Tumpukan sampah (Gresnews)
Tumpukan sampah (Gresnews)

Sampah adalah masalah pelik pemerintah yang hingga saat ini masih belum benar-benar ada solusinya. Akibat sampah ini tentu banyak. Penyakit, lingkungan tercemar, sampai masalah estetika. Indonesia butuh mesin yang bisa mendaur ulang sampah. Di Swedia sudah ada teknologi yang semacam ini, bahkan konsepnya tak sekedar daur ulang saja tapi juga menjadikannya energi. Semoga Indonesia bisa segera menyusul. (tom)