Hari ini seluruh umat Nasrani akan menyambut malam Natal dan esoknya mereka akan merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Sebagaimana pada umumnya, setiap umat Nasrani pasti memperingati Natal dengan sejumlah tradisi atau perayaan.

Di antara banyak negara di dunia, kelima negara ini punya perayaan Natal yang tergolong unik lho. Penasaran negara apa sajakah itu? Inilah 5 negara yang peringati Natal dengan perayaan unik.

1. Inggris

Bungkus Kado Natal Jadi Perayaan Natal di Inggris
Bungkus Kado Natal di Perayaan Natal (tumblr)

Negara maju seperti Inggris ternyata punya perayaan unik saat Natal. Masyarakat Inggris selalu membuat kue serta membungkus kado berisi hadiah menarik. Tak hanya itu saja, beberapa keluarga Inggris juga melakukan tradisi klasik yakni duduk mengelilingi pohon Natal, lalu sang ayah atau ibu menceritakan kisah klasik kepada anak-anaknya. Ada pula tradisi melemparkan surat ke perapian agar sinterklas membacanya.

2. Jerman

Masyarakat Jerman Sambut Natal dengan Hias Pohon Natal
Sambut Natal dengan Hias Pohon Natal

Selain Inggris, Jerman juga memiliki perayaan Natal yang tak kalah unik. Sebelum Natal tiba, keluarga di Jerman akan membuat pohon Natal dari pohon pinus atau cemara yang dihiasi empat lilin berwarna dan karangan bunga advent. Mendekati hari Natal, rumah mereka tercium aroma harum yang berasal dari hidangan Natal bercita rasa manis.

3. Australia

Nyalakan Lilin Kala Perayaan Natal (okezone)
Nyalakan Lilin Kala Perayaan Natal (okezone)

Perayaan Natal di Australia selalu bertepatan dengan libur musim panas. Tak heran jika masyarakat Australia merayakan Natal di luar ruangan. Umumnya, warga Australia keluar rumah di malam Natal untuk menyalakan lilin bersama dan menyanyikan lagu-lagu Natal.

4. Perancis

Makan Bareng Saat Natal (bewara)
Makan Bareng Saat Natal (bewara)

Mulai tanggal 5 Desember, warga Perancis sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut Natal. Saat malam Natal, seluruh jalan akan dipenuhi dengan dentuman suara lonceng gereja dan nyanyian lagu-lagu Perancis. Ketika tanggal 25 Desember, seluruh keluarga akan pergi ke gereja dan menikmati hidangan lezat bersama orang-orang terkasih.

5. Tiongkok

Hias Rumah Ketika Hari Natal (desainic)
Hias Rumah Ketika Hari Natal (desainic)

Negara Tiongkok ternyata punya sebutan khusus untuk hari Natal. Mereka menyebutnya dengan nama Sheng Dan Jieh. Ini artinya festival kelahiran kudus. Pada perayaan Natal, warga Tiongkok menghias rumah mereka dengan pepohonan dan kertas yang berwarna cerah. Bahkan, mereka menghias pohon Natal dengan lentera dan hiasan berwarna merah. Menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, warna merah melambangkan kebahagiaan.

(nha)