Inilah Band Tertua di Dunia Asal Indonesia

????????????????????????????????????

Jika ditanya apa band tertua di dunia, apa jawaban kamu? Mungkin ada yang menjawab The Beatles, atau The Rolling Stones. Ternyata, ada band yang lebih tua dari mereka, dan lebih membanggakannya, band itu berasal dari Indonesia. Mereka adalah The Tielman Brothers.

Band ini beranggotakan Andy Tielman (vokal, gitar), Reggy Tielman (gitar, banjo, vokal), Ponthon Tielman (contrabass, gitar, vokal), Herman Lawrence alias Loulou Tielman (drum, vokal), Janette Loraine alias Jane Tielman (vokal), dan Firdaus Fauzi alias Fauzi Tielman (organ).

The Tielman Brothers (Bimbimbimbim)
The Tielman Brothers (Bimbimbimbim)

Band yang satu ini bisa dibilang jadul abis, namun tetap keren abis. The Tielman Brothers bisa juga dibilang band Indonesia yang berpengaruh di dunia. Pasalnya, mereka bisa dibilang punya aliran rock sendiri, atau mungkin bisa juga dibilang menciptakan aliran musik sendiri.

The Tielman Brothers bisa dibilang sebagai band tertua di dunia asal Indonesia. Mereka sekumpulan saudara sedarah dari keturuan Herman Tielman asal Kupang dan Flora Lorine Hess. Andy Tielman dan seluruh keluarga asalnya dari Timor. Waktu mereka masih kecil nama band mereka The Timor Tielman Brothers.

The Tielman Brothers (YouTube)
The Timor Tielman Brothers (YouTube)

Dilansir dari Hai-Onlinecom, Jumat (25/12/2015), perjalanan musik The Tielman Brothers dimulai di Surabaya pada tahun 1945, dimana empat kakak beradik laki-laki dan seorang adik perempuannya, Jane, sering tampil membawakan lagu-lagu dan tarian daerah. Kemampuan musik mereka diturunkan dari sang ayah, Herman Tielman, seorang kapten tentara KNIL, yang sering bermain musik bersama teman-temannya di rumahnya di Surabaya.

Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan membawakan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya. Tawaran tampil pun berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Sampai pada akhirnya pada tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda.

The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada tahun 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock n roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

The Tielman Brothers (YouTube)
The Tielman Brothers (YouTube)

The Tielman Brothers ini dulu dikenal sebagai grup rock yang selalu tampil atraktif dan bahkan bermain gitar sambil berguling-guling. Andy Tielman juga mempopulerkan permainan gitar menggunakan gigi, jauh sebelum dipopulerkan oleh Jimi Hendrix.

Sayangnya, semua personel The Tielman Brothers telah tiada, dengan personel yang terakhir meninggal adalah Andy Tielman, sang vokalis dan gitaris, yang meninggal tahun 2012 lalu.

Semoga saja nanti ada band generasi baru yang mirip seperti The Tielman Brothers ini. Kamu bisa lihat aksi The Tielman Brothers pada video berikut ini.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Film Tentang Rahasia Dunia yang Wajib Kamu Tonton

Waspada Bencana Alam dengan Wisata ke Museum Gunung Api Merapi