Kurang dari lima hari lagi kita akan menyambut pergantian tahun. Sudahkah kamu membuat resolusi untuk tahun 2016? Biasanya, resolusi seseorang tak jauh dari soal karier dan asmara.

Ngomong-ngomong soal asmara, mungkin di antara kamu masih ada yang berstatus jomblo. Orang bilang jadi jomblo itu tak enak. Itulah sebabnya, mereka rela melakukan apapun untuk mendapatkan jodoh.

Sebelum berniat mencari pasangan, kamu wajib melakukan beberapa tips berikut. Tujuannya agar kamu menemukan pasangan yang tepat. Yuk simak ulasan 5 tips yang akan bantu kamu temukan jodoh di 2016.

1. Evaluasi Diri

Evaluasi Diri Jika Ingin Temukan Jodoh (http://thinkstockphotos.com/)
Evaluasi Diri Jika Ingin Temukan Jodoh (http://thinkstockphotos.com/)

Sebelum kamu bergerak dalam mencari jodoh, ada baiknya kamu evaluasi diri terlebih dahulu. Tujuannya, agar kamu bisa tahu kekurangan apa saja yang ada dalam diri kamu. Sehingga kamu bisa memperbaiki hal itu menjadi lebih lagi. Kamu tak mau dong mendapatkan jodoh yang salah, itulah sebabnya kamu harus perbaiki dirimu mulai dari perilaku hingga penampilan.

2. Lebih Banyak Memulai

Lebih Banyak Memulai atau PDKT dengan Lawan Jenis (tumblr)
Lebih Banyak Memulai atau PDKT dengan Lawan Jenis (tumblr)

Jika ingin menemukan jodoh, kamu wajib melakukan pendekatan alias PDKT kepada lawan jenis. Cobalah memulai dengan menyapa doi misalnya hai, apa kabar, mau kemana? Setelah dibalas olehnya, barulah kamu bisa membahas banyak hal lain dengannya. Tapi ingat ya guys, jangan terlalu bawel saat baru kenal dengan dia.

3. Ketahui Apa Yang Kamu Mau

Ketahui Apa Yang Kamu Mau (photograph)
Ketahui Apa Yang Kamu Mau (photograph)

Sebelum memutuskan mencari kekasih, kamu harus tahu dulu apa yang sebenarnya kamu mau. Misalnya saja soal kriteria calon pasangan. Tanyakan kepada dirimu, kamu ingin mendapatkan kekasih dengan tipe seperti apa. Pintarkah, humoriskah atau apapun yang kamu dambakan. Sebab, kriteria termasuk salah satu faktor penting dalam menemukan jodoh.

4. Bahagia Dengan Diri Sendiri

Bahagia dengan Diri Sendiri (bbc)
Bahagia dengan Diri Sendiri (bbc)

Kamu pasti sangat ingin dong bisa bahagia dengan pasanganmu nanti. Nah sebelum dia bisa hidup bahagia denganmu, kamu harus merasa bahagia dulu dengan diri sendiri. Intinya kalau kamu saja tak bahagia dengan dirimu, bagaimana caranya kamu membuat dia bahagia. Buatlah dirimu bahagia dengan hal-hal yang kamu sukai. Kalau bukan kamu yang memulai, siapa lagi?

5. Tanyakan Pada Ahlinya

Tanyakan kepada Orang Terdekatmu (http://thinkstockphotos.com/)
Tanyakan kepada Orang Terdekatmu (http://thinkstockphotos.com/)

Tips terakhir dalam menemukan jodoh adalah dengan bertanya pada ahlinya. Artinya, kamu bisa menanyakan kepada orangtua, saudara, ataupun sahabat soal kelebihan maupun kekuranganmu. Tanyakan juga apa yang membuat mereka tertarik untuk dekat denganmu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencari jodoh karena sudah punya modal dan sisi positif dari dalam dirimu.

(nha)