5 Tradisi Tahun Baru di Indonesia

Tidak terasa sebentar lagi kita akan segera menyambut tahun baru. Malam tahun baru akan terasa semakin seru kalau kita merayakannya bersama keluarga dan sahabat. Dalam menyambut tahun baru, biasanya orang Indonesia akan melakukan berbagai tradisi yang sering dilakukan tiap tahunnya. Apa saja? Berikut 5 tradisi tahun baru orang Indonesia, seperti dilansir dari Indditcom, Senin (28/12/2015).

1. Begadang sambil membuat acara tertentu

Bakar ikan (Kaskus)
Bakar ikan (Kaskus)

Hal yang satu ini seakan jadi hal wajib bagi kita yang ingin merayakan malam pergantian tahun. Bergadang ditemani aneka makanan berat atau camilan sambil bersenda gurau membuat mata pun jadi tak mudah mengantuk. Ada juga yang menyambut tahun baru dengan membakar ikan bersama keluarga atau teman-teman.

2. Meniup Terompet Tahun Baru

Tiup terompet (Liputan6)
Tiup terompet (Liputan6)

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya suka meniup terompet saat malam tahun baru. Terutama ketika detik-detik pergantian tahun sudah berlangsung. Tak mengherankan jika penjual terompet sudah mulai menjajakan dagangannya sejak pertengahan bulan Desember.

3. Konvoi Kendaraan Bermotor

Konvoi motor (YouTube)
Konvoi motor (YouTube)

Tradisi yang satu ini mungkin jarang kita temui di ibu kota. Sebab biasanya malam tahun baru di ibu kota diisi dengan car free day agar masyarakat yang merayakan jadi lebih leluasa. Namun di beberapa daerah lain di Indonesia, konvoi kendaraan bermotor masih menjadi agenda rutin untuk memeriahkan suasana malam pergantian tahun.

4. Menyalakan Kembang Api

Kembang api (Uniqpost)
Kembang api (Uniqpost)

Malam tahun baru tentu tidak akan lengkap tanpa kelap-kelip kembang api di malam hari. Penjual kembang api pun tak ketinggalan memanfaatkan kesempatan untuk meraup rupiah pada momen tersebut. Mulai dari kembang api kecil hingga kembang api besar dengan harga jutaan rupiah, semuanya berbaur menjadi satu di langit ketika masyarakat menyambut tahun baru.

5. Mengadakan konser musik

Konser musik (Ghiboo)
Konser musik (Ghiboo)

Konser musik off air di tempat-tempat umum atau konser on air di televisi sama-sama menarik untuk disaksikan. Biasanya sejumlah artis papan atas Indonesia turut tampil untuk menyemarakkan malam pergantian tahun. Meskipun biasanya biaya artis yang mengisi acara malam tahun baru lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa, tetap saja banyak penyelenggara konser yang berusaha untuk mengontrak artis-artis tersebut. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Keren, Mahasiswi Bekasi Bikin Sepeda Tenaga Surya

10 Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Masa Depanmu (1)