5 Istana Presiden Terbaik di Asia

Bangunan yang megah yang menjadi tempat presiden berkantor dibuat tak sembarangan. Di Asia, ada sejumlah istana presiden paling mewah, eksotis, dan dinilai sebagai bangunan paling cantik di benua Asia. Berikut adalah 5 istana presiden terbaik di Asia, seperti dilansir dari Billionairenewswire, Rabu (30/12/2015).

1. Ak Orda Presidential Palace, Astana Kazakhstan

Ak Orda Presidential Palace (Billionairenewswire)
Ak Orda Presidential Palace (Billionairenewswire)

Ini adalah kantor resmi dari Presiden Kazakhstan yang mulai dibangun pada 2001 dan selesai pada 2004. Istana ini berlokasi di Astana, dibangun dengan tinggi 80 meter dan apa yang membuat istana ini indah adalah kubahnya yang berwarna biru dan emas.

2. Istana Negara, Jalan Duta, Malaysia

Istana Negara Malaysia(Billionairenewswire)
Istana Negara Malaysia (Billionairenewswire)

Istana Negara Malaysia ini berlokasi di Jalan Duta Kuala Lumpur Utara dan merupakan kantor resmi kepala negara Malaysia. Desain dari kantor ini dibuat dengan gaya Islam dan Melayu. Istana ini juga tergolong baru karena dibangun pada tahun 2014 lalu.

3. Presidential Palace, Hanoi, Vietnam

Presidential Palace (Billionairenewswire)
Presidential Palace (Billionairenewswire)

Istana presiden adalah contoh sempurna dari bangunan otentik Eropa yang dibangun kembali pada tahun 1900-an. Istana ini memiliki beberapa elemen yang indah dari desain Renaissance Italia, termasuk quoins, aedicules, kolom klasik dan pedimen yang rusak.

4. Presidential Palace, Vientiane, Laos

Presidential Palace (Billionairenewswire)
Presidential Palace (Billionairenewswire)

Terletak di ibu kota Laos, Vientiane, Istana Kepresidenan ini adalah kediaman resmi Presiden Laos. Bagian yang paling menarik dari istana ini adalah arsitektur Beaux-Arts. Istana ini tampak benar-benar menakjubkan dengan tiang-tiangnya yang tinggi dan balkon berbayang juga taman hijau yang rimbun mengelilingi istana.

5. Istana Merdeka, Jakarta, Indonesia

Istana Merdeka (Wikipedia)
Istana Merdeka (Wikipedia)

Yang menarik sekaligus bikin bangga, ternyata Istana Merdeka dari Indonesia juga masuk daftar ini. Indonesia sejatinya punya 6 istana Presiden. namun yang utama adalah istana yang terletak di Jakarta, tepat di depan Monumen Nasional. Butuh 6 tahun untuk membangun istana ini dan termasuk salah satu yang paling tua karena dibangun di tahun 1873 dan selesai 1879. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Sosok di Balik Wajah yang Sering Jadi Meme Ngakak

Kemana-mana Macet? Ini 5 Cara Alternatif Rayakan Tahun Baru