Hai guys, sebentar lagi kita akan menjalani kehidupan di tahun baru loh. Ya, kita akan segera menyambut tahun baru 2016 yang kurang dari 48 jam lagi guys. Perayaan pergantian malam tahun baru biasanya identik dengan jalan-jalan mengelilingi kota, menuju pusat kota atau justru jalan-jalan ke luar kota. Namun sayangnya saat ini hal tersebut sulit untuk dilakukan lagi, mengingat volume kendaraan di Ibu Kota yang meningkat pesat sehingga menyebabkan kemacetan dimana-mana. Bukannya bersenang-senang, kamu justru akan bersungut-sungut ria di dalam mobil karena terjebak macet. Tapi tenang saja guys, perayaan tahun baru nggak harus dirayakan di luar rumah kok. Kamu tetap bisa merayakan tahun baru yang seru meski hanya di rumah. Berikut ini 5 cara alternatif rayakan tahun baru versi JadiBerita:

1. Kumpul bersama keluarga di rumah

Menikmati indahnya kembang api bersama adik dan kakak (ucdmc.ucdavis.edu)

Hal pertama yang mungkin sekali untuk kamu lakukan dalam merayakan tahun baru tanpa keluar rumah adalah berkumpul bersama dengan keluargamu di rumah. Pada suasana liburan sambil menikmati malam pergantian tahun bersama keluarga tercintamu cocok sekali untuk dilalui. Kamu jadi punya waktu luang lebih banyak untuk bercengkrama dengan adik, kakak, dan pastinya orangtuamu. Belilah kembang api dan ciptakan keseruan tersendiri di istana kalian.

2. Undang keluarga besarmu

Seru banget berbecue-nya! (decorzidea.com)

Kalau mau lebih afdol lagi, kamu bisa mengundang keluarga besarmu untuk merayakan malam pergantian tahun bersama loh. Usulkan saja kepada para orangtua di dalam keluarga besarmu agar kalian bisa mengadakan acara barbecue bersama di rumahmu atau di rumah sanak saudara lainnya yang pastinya harus jauh dari wilayah macet ya.

3. Buat acara seru bersama teman-teman

Acara bakar-bakar bersama teman juga seru (kompasiana.com)

Ada plan lain jika kamu tidak merayakan malam pergantian tahun bersama dengan keluargamu, kamu bisa membuat acara seru bersama dengan teman-temanmu. Lebih gampangnya sih kamu membuat acara bersama dengan teman-teman rumahmu, jadi hanya perlu berjalan kaki tanpa mengeluarkan kendaraan. Atau bisa juga dengan teman-teman sepermainanmu yang lokasi rumahnya tidak begitu jauh dan bebas macet. Acara bakar-bakar ayam, atau jagung bisa jadi pilihan.

4. Kumpul bersama saudara-saudara

Sambil nunggu malam pergantian tahun, mending movie marathon bersama sepupu (playbuzz.cm)

Kalau kamu ingin merasakan sensasi perayaan malam pergantian tahun yang anak muda banget tapi ingin tetap bersama keluarga, kamu bisa menghubungi sepupu-sepupumu dan mengajak mereka untuk merayakan malam pergantian tahun bersama. Buat saja rencana untuk melakukan movie marathon, seru pastinya.

5. Silaturahmi dengan tetangga

Menambah keakraban antar tetangga deh (blogspot.com)

Perayaan malam pergantian tahun juga bisa kamu lakukan sambil bersilaturahmi dengan tetanggamu loh. Acaranya hampir sama dengan merayakan tahun baru bersama dengan keluarga besar, namun bedanya kamu tidak perlu menggunakan kendaraan. Kamu bisa berkomunikasi dengan Pak RT atau tetangga-tetangga lainnya untuk mengadakan acara malam pergantian tahun bersama. Acara bakar ayam, jagung, atau ikan bisa jadi pilihan. Sambil mempererat tali silaturahmi antar tetangga dan membaurkan yang muda dan tua.

Tapi guys, sebelum melaksanakan acara-acara di atas, hal lain yang lebih penting untuk kamu lakukan adalah berdoa agar kehidupan pada tahun-tahun ke depan semakin baik, dan berterima kasih karena masih tetap diberikan kesempatan untuk hidup. Happy New Year 2016, guys!

(anb)