Tren kuliner setiap tahunnya selalu berubah. Tahun lalu, tema food truck sedang marak di kota-kota besar di Indonesia. Lalu pada tahun 2016 ini kira-kira tren kuliner apa ya yang akan ngetren? Dilansir dari berbagai sumber, beberapa chef di Indonesia seperti chef Yuda Bustara, Billy Kalangi, serta Norman Ismail menyatakan kalau tren kuliner yang diprediksi akan marak di Indonesia adalah tren kuliner yang menyehatkan. Selain itu tren kuliner apa lagi yang akan ngetren di 2016 ini? Berikut ada tiga tren kuliner yang akan mewarnai Indonesia, yaitu:

1. Tren Bahan Makanan Lokal

Bahan Makanan Lokal (ketahananpangan.malangkota.go.id)
Bahan Makanan Lokal (ketahananpangan.malangkota.go.id)

Bahan makanan lokal memang sudah menjadi tren di tahun 2015 yang lalu dan masih akan menjadi tren selama tahun 2016 ini. Bahan makanan lokal seperti buah, sayur, daging, dan juga seafood banyak disukai dengan alasan lebih sehat dan segar karena tidak melewati masa pengiriman yang lama. Selain itu dengan membeli bahan makanan lokal akan membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

2. Tren Makanan Rumahan

Makanan Rumah (makanjogja.com)
Makanan Rumah (makanjogja.com)

Jika beberapa tahun yang lalu junk food seperti menjamur di Indonesia, di tahun 2016 masyarakat Indonesia akan beralih dari junk food ke makanan rumahan yang dibuat langsung sehingga lebih sehat serta kaya akan citarasa. Makanan rumahan alias makanan homemade juga bisa dikatakan sebagai makanan alami karena tidak menggunakan bahan pengawet dan sebagainya. Naiknya tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan membuat tren makanan rumahan ini akan digemari banyak kalangan.

3. Tren Konsep Restoran Kasual

Restoran Casual (tastertotsla.com)
Restoran Casual (tastertotsla.com)

Restoran yang kebanyakan muncul di Indonesia belakangan ini menawarkan konsep formal, mewah, serta siap santap agar tidak membutuhkan waktu lama bagi orang yang menunggu makanan. Namun, nampaknya tren itu akan bergeser. Restoran dengan konsep tidak terlalu formal alias lebih casual dan santai diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2016. Apalagi konsep restoran tersebut didukung oleh dua tren di atas, tren bahan makanan lokal dan tren makanan rumahan. Suasana restoran yang homey sehingga serasa ada di rumah serta makanan lokal yang menyehatkan akan banyak diserbu para pengunjung.(jow)