Di Korea sekarang sedang hits drama apa ya? Jawabannya adalah Reply 1988. Drama seri yang berjumlah 20 episode ini mampu menyihir masyarakat Korea untuk duduk manis menantikan jam tayangnya setiap jumat dan sabtu malam. Meski hanya tayang di televisi kabel tvN, namun rating yang dihasilkan mampu mengalahkan drama yang tayang di stasiun televisi nasional. Sebelumnya pada tahun 2012 sudah ada Reply 1997 dan Reply 1994 pada tahun 2013 juga menuai kesuksesan yang sama. Meski dinamakan sebagai Reply series, namun kamu tidak perlu khawatir karena cerita serta pemainnya semua berbeda sehingga kamu tidak perlu menonton dari seri pertama.

Reply 1988 dibintangi oleh beberapa aktor muda seperti Hyeri Girlâ??s Day, Ryu Joon Yeol, Park Bo Geum, Go Kyung Pyo, dan Lee Dong Hwi. Seiring dengan popularitas Reply 1988 yang jadi hits di Korea, para aktor dan aktrisnya pun juga ikut naik daun. Mereka banyak membintangi CF alias iklan komersial. Ngehitsnya drama ini tentunya membuat penasaran kenapa Reply 1988 bisa mendapat antusias yang sangat besar di Korea. JadiBerita melihat ada lima hal yang membuat drama Reply 1988 ini ngehits di Korea, yaitu:

1. Nostalgia ke Era 80-an

Suasana perumahan di Reply 1988 (dmcdn.net)
Suasana perumahan di Reply 1988 (dmcdn.net)

Reply 1988 yang bertema remaja ini bersetting di era 80-an sehingga meraup dua segmen penonton yakni anak muda dan juga orang tua yang berada di kisaran umur 45 tahunan. Setting tahun 1988 sangat kental terasa mulai dari perumahan tempat mereka tinggal, kendaraan, pakaian, hingga makanan yang dikonsumsi di tahun tersebut. Kabarnya drama ini menghabiskan dana yang sangat besar karena tim produksinya ingin benar-benar menampilkan suasana di era 80-an sehingga banyak properti yang dipesan khusus agar mirip dengan tahun 80-an. Selain itu, backsound lagu yang dihadirkan juga merupakan lagu di era 80-an sehingga suasana nostalgianya sangat terasa.

2. Tema Keluarga

Tema keluarga Reply 1988 (www.huffingtonpost.kr)
Tema keluarga Reply 1988 (www.huffingtonpost.kr)

Tidak seperti drama Korea yang lekat dengan drama percintaan, Reply 1988 hadir secara fresh dengan kisah tentang keluarga. Ada lima keluarga yang tinggal di satu daerah yang bernama Ssangmundong. Kelima keluarga ini sangat dekat seperti layaknya saudara sehingga saat yang keluarga yang satu kesusahan, maka keluarga yang lain akan saling tolong-menolong.

3. Persahabatan Kelima Tokoh

Lima tokoh Reply 1988 (daumcdn.net)
Lima tokoh Reply 1988 saat kecil (daumcdn.net)

Reply 1988 memiliki lima tokoh utama yakni, Hyeri Girlâ??s Day yang berperan sebagai Deok Sun, Ryu Joon Yeol sebagai Jung Hwan, Park Bo Geum sebagai Taek, Go Kyung Pyo sebagai Sun Woo, dan Lee Dong Hwi sebagai Dong Ryong. Kelima orang ini sudah bersahabat sejak kecil sehingga mereka saling mengerti satu sama lain. Kamu pasti akan dibuat iri dengan persahabatan mereka yang sangat dekat.

4. Cinta Pertama yang Manis

First Love di Reply 1988 (clover-blossoms.com)
First Love di Reply 1988 (clover-blossoms.com)

Bumbu percintaan memang selalu membuat manis sebuah cerita. Reply 1988 memberi bumbu kisah cinta pertama yang dialami masing-masing tokoh. Cinta pertama anak SMA yang dialami masing-masing tokoh ini sangat unik dan juga lucu. Ada yang ditolak cintanya dan ada juga yang senang karena cintanya terbalas.

5. Tebak Suami

Junghwan-Deoksun (atas) Taek-Deoksun (bawah) (clover-blossom.com)
Junghwan-Deoksun (atas) Taek-Deoksun (bawah) (clover-blossom.com)

Permainan tebak suami ini memang sudah diterapkan sejak dua seri sebelumnya, yakni Reply 1997 dan Reply 1994. Tebak suami ini tidak lepas dari kisah cinta segitiga antara dua tokoh lelaki dan satu tokoh perempuan. Di Reply 1988, cinta segitiga terjadi antara tokoh Jung Hwan, Deok Sun, dan Taek. Deok Sun merupakan cinta pertama Jung Hwan dan Taek. Hingga episode 16, siapa suami Deok Sun masih belum diketahui. Para netizen pun mau tidak mau menebak siapa calon suami Deok Sun lewat beberapa clue yang sengaja dihadirkan di setiap episode Reply 1988.

 

Apa kamu sudah ingin menonton drama Reply 1988 JBers? Drama yang masih tayang 18 episode ini akan tamat di akhir Januari 2016 loh. Selamat menonton dan bermain tebak suami JBers! (jow)