Wakatobi, Sulawesi Tenggara (pelni.co.id)

Industri pariwisata Indonesia diprediksi akan mengalami lonjakan pada tahun 2016 ini. Seiring dengan maraknya posting tentang destinasi wisata di media sosial yang terbukti ampuh sebagai alat promosi, beberapa spot wisata yang tadinya tidak pernah dieksplor seolah naik daun karena postingan tersebut. Berikut ada lima spot wisata di Indonesia yang akan ngetren di tahun 2016 ini, yaitu:

1. Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Wisata Gunung Tambora Pulau Sumbawa (nyarinilaia.blogspot.com)
Wisata Gunung Tambora Pulau Sumbawa (nyarinilaia.blogspot.com)

Gencarnya gerakan â??Tambora Menyapa Duniaâ?? membuat beberapa wisatawan dalam negeri mulai melirik pulau yang terletak tidak jauh dari Pulau Lombok ini. Sejak diadakannya acara â??Tambora Menyapa Duniaâ?? yang diresmikan oleh Presiden Jokowi tahun lalu, para warga lokal mulai optimistis kalau daerah mereka akan menjadi kawasan wisata yang akan dilirik para wisatawan lokal maupun mancanegara pada 2016 ini. Pulau Sumbawa memiliki beberapa objek wisata menarik yang bisa kalian kunjungi seperti Gunung Tambora serta wisata alam lainnya.

2. Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran Banyuwangi (pegipegi.com)
Taman Nasional Baluran Banyuwangi (pegipegi.com)

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam lima tahun belakangan ini lebih serius menggarap sektor pariwisatanya. Salah satu cara promosinya adalah melakukan festival wisata yang diadakan setiap bulannya. Beberapa objek wisata seperti Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran menjadi favorit para anak muda. Selain itu masih ada Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau, Pulau Tabuhan, Air Terjun Lider, Pantai Watu Dodol, Pantai Plengkung, dan masih banyak lagi. Jika kamu tidak suka berwisata alam, maka kamu bisa berwisata kuliner di Banyuwangi karena sudah banyak spot kuliner yang bisa kamu kunjungi di sini.

3. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, Sulawesi Tenggara (pelni.co.id)
Wakatobi, Sulawesi Tenggara (pelni.co.id)

Nama Wakatobi memang sudah dikenal oleh para wisatawan lokal, namun hanya sebatas kalangan para penyelam saja. Berhubung Wakatobi merupakan salah satu surga wisata bahari di Indonesia, pemerintah setempat mulai gencar menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau terutama bagi wisatawan lokal. Oleh karena itu, bagi kamu pencinta laut Indonesia, Wakatobi bisa menjadi destinasi wisata kamu berikutnya pada 2016 ini.

4. Pulau Padar dan Gili Laba, Nusa Tenggara Timur

Pulau Padar dan Gili Laba, Nusa Tenggara Timur (tukangjalan.com)
Pulau Padar dan Gili Laba, Nusa Tenggara Timur (tukangjalan.com)

Kamu pasti merasa asing mendengar Pulau Padar dan Gili Laba. Keduanya merupakan spot wisata yang bisa kamu nikmati di kawasan Taman Nasional Komodo. Jika biasanya para wisatawan memilih menjelajah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, sekarang Pulau Padar dan Gili Laba yang sedang naik daun di sosial media mulai banyak digemari wisatawan. Untuk mengunjungi kedua pulau ini, kamu harus mendaki dulu ke atas bukit. Dari atas bukit kamu bisa melihat panorama elok kombinasi lautan biru dan hijau, gugusan pulau karang berbukit, serta sabana yang bisa memanjakan mata kamu.

5. Gunung Kidul, Yogyakarta

Bunga Amaryllis Gunung Kidul (www.sapujagat.com)
Bunga Amaryllis Gunung Kidul (www.sapujagat.com)

Meski nama Gunung Kidul sudah wara wiri di dunia pariwisata, daerah ini tidak akan pernah kehilangan pamornya. Alasan utama adalah karena Gunung Kidul selalu memberikan spot-spot wisata baru untuk dijelajahi seperti beberapa pantai yang sedang tenar, yaitu Pantai Gesing, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Timang. Lalu ada goa seperti Goa Pindul dan Goa Jomblang. Dan yang sedang in sekarang adalah spot wisata kebun Bunga Amaryllis.

Dari kelima spot wisata di atas, apa kamu sudah tahu ingin berwisata ke mana tahun ini JBers?

(rei)