Peminat catur tidak sebanyak olahraga lain seperti sepakbola, balapan atau olahraga lainnya dikarenakan sering dianggap sebagai olahraga yang membosankan. Meski demikian bagi beberapa orang permainan ini menjadi sesuatu yang menantang dan memiliki nilai tersendiri. Mungkin pemikiran kamu kalau catur itu membosankan akan tersingkirkan setelah melihat 3 pecatur cantik asal Indonesia ini. Siapa saja mereka? Berikut ketiganya, yang sudah dihimpun jadiBerita untuk kamu.

1. Irene Kharisma Sukandar

Irene Kharisma Sukandar (Kaskus)
Irene Kharisma Sukandar (Indosport)

Dara cantik kelahiran Jakarta 23 tahun silam ini adalah seorang pecatur yang berhasil menandang gelar Grand Master Internasional Women (GMIW). Berbagai prestasi dan penghargaan juga diraih Irene, seperti misalnya juara 1 Asian Continental Chess Championship di Sharjah, Uni Emirat Arab, atau juara Australian Women’s Masters di Australia. Tak hanya itu, penghargaan juga pernah diterimanya dari Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, yakni penghargaan Paranama Krida Pratama pada tahun 2005.

2. Medina Warda Aulia

Medina Warda Aulia (Indosport)
Medina Warda Aulia (Indosport)

Medina berhasil meraih gelar prestisius di bidang olahraga catur yakni Grandmaster wanita termuda setelah mengalahkan pecatur Rusia, Latina Stesko di kejuaraan catur yunior dunia di Turki pada tahun 2013 lalu. Lulusan SMA Negeri I Bekasi, Jawa Barat itu juga berhasil memecahkan rekor Grandmaster termuda yang pernah dicetak pecatur wanita Indonesia lainnya, Irene Kharisma Sukandar. Irene meraihnya pada usia 16 tahun 7 bulan sedangkan Medina saat usia 16 tahun 2 bulan.

3. Chelsie Monica Ignesias Sihite

Chelsie Monica Ignesias Sihite (Indosport)
Chelsie Monica Ignesias Sihite (Indosport)

Pecatur putri kelahiran Balikpapan ini mendapatkan gelar Woman International Master (WIM) pada ASEAN+ Age Group Chess Championship 2011 di Tarakan, Kalimantan Timur. Chelsie juga berhasil meraih juara 1 turnamen catur piala Gubernur Chelyabinsk, Rusia pada tahun 2011 dan juara ASEAN Age Group Girl Under-16 di Filipina. Selain itu juara World School Chess Championship juga dipersembahkannya pada tahun 2008 di Singapura. Selain itu, dara cantik kelahiran 2 November 1995 itu pernah menjadi juara 2 di ASEAN Age Group Chess Championship di Muangthai 2005, juara 2 di World School Chess Festival di Singapura 2006 dan juara dua di Indonesia, Age Group Chess Championship 2006. (tom)