Yang namanya ditembak orang untuk menjadi kekasihnya, pasti hanya ada dua jawaban. Diterima atau ditolak. Kalau diterima rasanya so pasti bahagia sekali. Tapi kalau ditolak, itu yang sangat menyakitkan.

Bahkan, rasa sakitnya sulit untuk dilupakan. Namun yang namanya perasaan itu kan memang engak bisa dibohongi. Kalau kamu juga mencintainya tanpa ragu-ragu akan menerimanya. Nah kalau kamu tidak suka jalan satu-satunya ya menolak cinta dia.

Terkadang dalam menolak cinta seseorang kita bingung harus bilang apa agar hatinya tak semakin hancur. Mulai sekarang jangan bingung lagi guys. JadiBerita punya cara halus untuk menolak doi yang menyatakan cinta tapi kamu tidak suka. Check this out!

1. Ucapkan Maaf kepadanya

Ucapkan kata maaf kepadanya (thinkstockphotos)
Ucapkan kata maaf kepadanya (thinkstockphotos)

Kalau kamu tidak menyukai doi, jangan pernah memaksakan kehendak. Sebab, jika dipaksakan justru akan berdampak kacau di kemudian hari. Tolaklah dia dengan cara halus seperti meminta maaf karena kamu tak bisa membalas cintanya. Ucapkanlah permintaan maaf kepadanya dengan tulus. Kalau dia benar-benar sayang sama kamu, harusnya dia mengerti bahwa perasaan tak bisa dipaksa.

2. Jangan Bohongi Perasaan

Jangan Bohongi Perasaan Kamu (thinkstockphotos)
Jangan Bohongi Perasaan Kamu (thinkstockphotos)

Terkadang alih-alih tidak enak hati dengan doi, seseorang rela membohongi perasaannya dengan menerima dia menjadi pasangan. Padahal hal itu tidak baik lho. Suatu saat dia pasti tahu bahwa cintamu tidak tulus melainkan karena tak ingin membuat dia kecewa. Jika kamu ditembak oleh dia tapi kamu tidak mencintainya, jangan bohongi perasaanmu. Cobalah jujur pada hati kecilmu. Ia justru akan lebih senang jika kamu jujur dan tak ada kebohongan.

3. Berterima Kasih Kepadanya

Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih Kepadanya (thinkstockphotos)
Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih Kepadanya (thinkstockphotos)

Kendati kamu menolaknya, kamu harus hargai perasaannya. Yang namanya orang ditolak cintanya, pastinya akan sangat sedih dan kecewa. Supaya rasa sedihnya sedikit berkurang, berterima kasihlah kepadanya. Jangan lupa, kamu harus menjelaskan alasan kenapa tak bisa menerimanya. Semoga saja dia mengerti.

4. Jangan Beri Harapan Palsu

Jangan Beri Harapan Palsu Padanya (tumblr)
Jangan Beri Harapan Palsu Padanya (tumblr)

Pemberi harapan palsu alias PHP. Kamu bisa bayangkan bagaimana rasanya di PHP-in sama seseorang yang kamu suka. Padahal dia tidak cinta, tapi dia berpura-pura menerima kamu. Itu rasanya sakit banget. Kalau kamu tidak menyukainya, berkata jujurlah tentang perasaan kamu yang sesungguhnya. Jangan membuat janji-janji kamu bakal bisa membalas cintanya suatu saat. Hindari PHP ya guys.

(nha)