Lama tak rilis lagu, kini Maudy Ayunda kembali dengan lagu baru. Judulnya adalah “Jakarta Ramai”. Merilis single “Jakarta Ramai”, Maudy Ayunda ingin membuktikan kemampuan diri berkarir di industri musik. Sebab, lagu itu merupakan ciptaan Maudy sendiri dengan sentuhan nuansa pop ballad ala Tohpati. Apalagi sejak kecil Maudy sudah memiliki bakat menulis lagu.

“Deg-degan, ini baru buat aku. Aku sudah lama bikin lagu tapi baru pertama nyanyi lagu ciptaan sendiri. Rasanya senang sih. Aku sudah menulis lagu dari SMP,” aku Maudy Ayunda saat jumpa pers launching single Jakarta Ramai di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Bintangcom, Senin (11/1/2016).

Maudy menjelaskan, lagu “Jakarta Ramai” terinspirasi dari perasaan sepi di tengah-tengah keramaian Jakarta. Sebenarnya Maudy menulis liriknya sejak Agustus tahun lalu saat magang di sebuah kantor di Jakarta. Lantaran sibuk menyelesaikan studi di London, singlenya baru bisa dinikmati awal tahun 2016 ini.

Maudy Ayunda (Batampos)
Maudy Ayunda (Batampos)

“Lagi merasakan hiruk pikuk, benar-benar mengalami kemacetan Jakarta pas pulang kantor. Orang di jalanan melamun, mikir apa? Apa sama dengan yang dipikirkan Maudy. Di lagu ini Maudy ingin berikan mimpi, keresahan, kegalauan manusia di tengah keramaian Jakarta,” papar bintang film “Perahu Kertas” tersebut.

Melalui lagu ini, Maudy Ayunda ingin menyampaikan pesan positif kepada masyarakat di kota besar agar tidak hanya diam menjalani keseharian.

Selain lagunya, Maudy juga telah menggarap video klip untuk lagu ini. Sejalan dengan isi dari lagunya, Maudy membingkai hiruk-pikuk kota Jakarta dengan berjuta ekspresi wajah masyarakat di dalamnya.

Kali ini Maudy tidak menggunakan jasa talent seperti video klip sebelumnya. Dia ingin menggambarkan suasana Jakarta secara natural sebagaimana inti cerita dari lagunya. “Enggak pake ekstras. Kita alami pas keadaan Jakarta sedang ramai. Aku ingin kasih lihat ada individu lain dari fokus cerita lagu ini,” jelas Maudy.

Dalam pelaksaannya, Maudy tak mudah mendapatkan izin menggarap video klip lagu itu. Semisal saat pengambilan gambar di balam bus Transjakarta. “Lumayan unik sih. Aku bawa kamera ke busway terus enggak bole syuting sama pejaganya. Tapi dapat juga akhirnya,” tuturnya.

Penasaran seperti apa lagu baru Maudy Ayunda dan video klipnya? Kamu bisa tonton videonya di bawah ini.

(tom)