Makanan Sayuran yang Digemari Orang Indonesia


Dari dulu hingga kini, masih ada saja orang yang tidak suka atau tidak doyan memakan sayuran. Padahal, sayuran itu banyak manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan kita jika dibuat dengan benar. Meski demikian, tak sedikit juga orang yang doyan makan sayuran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah makanan sayuran yang digemari orang Indonesia.

1. Sayur sop

Sayur sop (Kaskus)
Sayur sop (Kaskus)

Sayur sop adalah salah satu jenis hidangan yang begitu kaya akan jenis sayuran. Kaya warna, kaya rasa, dan pastinya juga kaya akan gizi. Sangat pas disajikan sebagai salah satu hidangan saat berbuka puasa. Membuatnya pun tidaklah terlalu sulit. Dengan bumbu dan bahan sederhana yang bisa ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket terdekat, membuat kamu tak punya alasan lagi untuk tidak mencoba membuat resep sayur sop bagi keluarga kamu.

2. Sayur bening bayam

Sayur bening bayam (Kaskus)
Sayur bening bayam (Kaskus)

Sayur bening bayam adalah masakan rumahan khas Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Sayur bening bisa dimakan kapan saja dan cocok sebagai pendamping makanan lain misalnya seperti bakwan jagung. Untuk makan siang enak, makan malam pun juga lezat.

3. Tumis/cah kangkung

Tumis kangkung (Kaskus)
Tumis kangkung (Kaskus)

Tumis atau cah kangkung adalah makanan yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis masakan tumis kangkung mengandalkan kenikmatan rasa yang menggoda selera. Setiap gurihnya rasa tumis kangkung membuat lidah seakan meledak.

4. Sayur asem

Sayur asem (Royco)
Sayur asem (Royco)

Sayur asem adalah salah satu masakan yang selalu jadi menu andalan di rumah makan di tanah air. Karena hanya menggunakan buah asem sebagai bumbu, tentunya rasa yang di hasilkan pun berasa asam namun memiliki rasa yang segar. Dari situlah maka sayuran ini disebut sebagai sayur asem.

5. Tumis kacang panjang

Tumis kacang panjang (Kaskus)
Tumis kacang panjang (Kaskus)

Makanan ini tentunya terbuat dari bahan dasar kacang panjang yang dipotong-potong kemudian dimasak dengan semua bumbu-bumbu yang pas. Tumis kacang panjang pedas banyak tersedia di warung-warung makan yang biasanya dijadikan sebagai lauk pelengkap yang enak dan gurih.

6. Sayur lodeh

Sayur lodeh (Royco)
Sayur lodeh (Royco)

Masakan sayur lodeh sangat terkenal di Jawa. Sayur lodeh sendiri terdiri dari berbagai macam sayuran yang dipadukan dengan santan dan juga bumbu-bumbu khas Indonesia. Rasa dari sayur lodeh sendiri gurih pedas.

7. Sayur daun singkong

Sayur daun singkong (Kaskus)
Sayur daun singkong (Kaskus)

Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Sangat mudah untuk membuat makanan yang satu ini dan mudah juga untuk mendapatkan daun singkongnya. Makanan ini biasanya memiliki rasa yang gurih dan pedas.

8. Tumis/cah sawi

Cah sawi hijau (Kaskus)
Cah sawi hijau (Kaskus)

Sawi merupakan tumbuhan yang memiliki ciri berdaun hijau segar. Untuk membuat masakan ini tidak memerlukan waktu yang sangat lama juga mencari bahan yang mudah didapat karena jenis sayuran sawi banyak terdapat di pasaran. Makanan ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi manusia yaitu untuk menjaga kesehatan gigi.

9. Cap cay

Cap cay (Royco)
Cap cay (Royco)

Cap cay adalah nama salah satu masakan Tiongkok yang populer dan khas karena dimasak dari banyak macam sayuran. Jumlah sayuran tidak tentu, namun banyak yang salah kaprah mengira bahwa cap cai harus mengandung 10 macam sayuran karena secara harfiah adalah berarti “sepuluh sayur”. Jenis cap cay juga sangat beragam ditemukan di Indonesia. Ada cap cay dengan memakai kuah, baik itu kuah bening atau kuah kental. Kemudian ada juga cap cay yang kuahnya sedikit sekali sehingga disebut cap cay kering atau cap cay goreng. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
91
Love
OMG OMG
76
OMG
Yaelah Yaelah
108
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
114
Keren Nih
Ngakak Ngakak
27
Ngakak