5 Hal yang Bikin Indonesia Disegani Amerika Serikat

Secara logika, Amerika Serikat menang jauh dari Indonesia dalam banyak hal. Namun ada banyak alasan kenapa Negeri Paman Sam itu justru seakan sungkan dan segan ketika ingin macam-macam dengan Indonesia. 5 hal inilah yang bikin negara AS segan dengan Indonesia, seperti dilansir dari Boombastiscom, Selasa (12/1/2016).

1. Presiden Sukarno

Presiden Sukarno (Penasoekarno)
Presiden Sukarno (Penasoekarno)

Dari banyaknya tokoh penting sepanjang sejarah Indonesia, hanya nama presiden pertama kita yang paling disegani AS. Tegas, berani, dan juga punya pengaruh kuat di mata jutaan rakyat, membuat Soekarno adalah tantangan besar bagi AS untuk menaklukkannya. Jika Sukarno berani mengatakan tetangga sebelah â??Cecunguk Malayan,â? apalagi AS yang jauh di sana. Mungkin jika berani cari gara-gara, Sukarno tak segan memaki lebih gila lagi.

2. Jumlah Rakyat Indonesia

Rakyat Indonesia (Axe)
Rakyat Indonesia (Axe)

Per tahun 2015, jumlah penduduk di Indonesia sangatlah banyak untuk ukuran negara yang kalau dibandingkan dengan AS hanya sekitar sepersepuluhnya saja. Bahkan, seluruh rakyat Indonesia bakal maju untuk membela negara, seperti halnya saat berseteru dengan Malaysia beberap waktu lalu. Penduduk AS mungkin 300 juta lebih, namun tipikal orang sana beda dengan kita. Penduduknya banyak yang acuh dengan negaranya. Mungkin ada yang patriotik, namun bukan mayoritas. Sehingga kalau sampai berperang, mungkin mereka akan lebih memilih menyelamatkan diri dari pada tergabung dalam kamp-kamp militer.

3. Militer Indonesia

Militer Indonesia (Beritadaerah)
Militer Indonesia (Beritadaerah)

Di bidang kemiliteran, Indonesia bukan nomor satu. Meskipun demikian, soal pamor, tentara kita sudah cukup membuat negara lain bergidik ngeri kalau sampai berhadapan di medan perang. Mendominasi dalam kejuaraan ketentaraan beberapa waktu lalu hanya segelintir dari banyak hal gila yang bisa ditunjukkan tentara nasional kita kepada dunia.

4. Indonesia didukung negara penting

Hubungan Indonesia dengan Tiongkok (Viva)
Hubungan Indonesia dengan Tiongkok (Viva)

Seumpama skenario terburuk terjadi, AS menyerang Indonesia, mungkin yang akan melawan mereka bukan hanya kita, tapi juga negara-negara sahabat Indonesia. Seperti yang kamu tahu, negara kita ini memang disukai di dunia karena keramahan dan sikap pertemanannya yang kuat. Layaknya seorang sahabat, ketika temannya diganggu tentu saja takkan tinggal diam. Beberapa negara yang berhubungan baik dengan Indonesia dan berhubungan buruk dengan AS antara lain adalah Rusia, Tiongkok dan Korea Utara. Indonesia sendirian sebenarnya sudah cukup kuat, tapi bantuan dari negara-negara sahabat akan membuat tanah air kita makin tak terkalahkan.

5. AS punya kepentingan di Indonesia

Freeport (Lensaindonesia)
Freeport (Lensaindonesia)

Satu alasan logis kenapa AS tidak pernah melakukan intervensi apa pun terhadap Indonesia, adalah lantaran negaranya Obama tersebut punya kepentingan besar di sini, khususnya secara ekonomi dan politik Sebagian pendapatan AS disumbang Indonesia lewat operasi tambang-tambang seperti Freeport dan lainnya. AS ngawur dengan Indonesia, tinggal depak saja itu mesin-mesin tambang yang akan membuat mereka kehilangan miliaran dolar. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Ingin Move On? Berhenti Stalking Mantan dengan 5 Cara Ini

Asal Nama Makanan-makanan Indonesia