5 Negara yang Harusnya Berterima Kasih pada Indonesia

Indonesia memang bukanlah negara maju seperti AS atau pun Tiongkok. Namun negeri telah melakukan banyak hal kepada dunia, hingga penghargaan sudah selayaknya didapatkan. Indonesia hanya ingin sebuah ucapan terima kasih yang tulus dari beberapa negara yang telah mendapatkan kemudahan di masa lalu atau pun sekarang. Dilansir dari Boombastiscom, Rabu (13/1/2016), berikut adalah 5 negara yang harusnya berterima kasih pada Indonesia.

1. Amerika Serikat

Bendera AS (Timeanddate)
Bendera AS (Timeanddate)

AS adalah negara pertama yang harusnya mengucapkan terima kasih (bonus minta maaf) kepada Indonesia. Pertama karena negara ini banyak sekali mengeruk keuntungan dari Indonesia dengan Freeport milik mereka. Sejak tahun 60-an, Freeport telah menjadi perusahaan besar yang mengambil banyak keuntungan besar. Pemerintah mungkin diberi jatah, namun jumlah terbanyak tetap masuk ke kantong perusahaan.

2. Belanda

Bendera Belanda (Flaglane)
Bendera Belanda (Flaglane)

Belanda telah menjadikan Indonesia menjadi koloninya sejak ratusan tahun yang lalu. Selama itu pula Belanda telah banyak sekali mengeruk hasil bumi dan rempah yang kemudian di bawa kembali ke Eropa. Selain ucapan terima kasih, Belanda sudah sepantasnya memberikan ucapan permintaan maaf kepada bangsa ini karena di masa lalu orang di nusantara ini dianggap sebagai hewan ternak.

3. Malaysia

Bendera Malaysia (Aseanup)
Bendera Malaysia (Aseanup)

Malaysia adalah negara tetangga yang sering sekali membuat orang Indonesia menjadi gerah. Kasus-kasus seperti klaim wilayah hingga klaim kebudayaan sempat membuat Indonesia memanas. Pada pemerintahan Soekarno pun Malaysia sudah berulah hingga muncullah sebuah jargon: Ganyang Malaysia. Alasan mengapa Malaysia harus mengucapkan terima kasih kepada negeri ini karena di masa lalu negeri ini banyak belajar dari Indonesia. Dahulu kala banyak sekali guru dari Indonesia dikirim ke Malaysia untuk mengajar di sana.

4. Tiongkok

Bendera Tiongkok (Flaglane)
Bendera Tiongkok (Flaglane)

Tiongkok adalah negara yang harusnya mengucapkan banyak sekali ucapan terima kasih kepada Indonesia. Pertama karena mereka banyak sekali menempatkan pekerjanya di Indonesia. Banyak perusahaan dari negeri tirai bambu ini yang menguasai sektor penting dalam negeri. Kedua adalah banyaknya barang dari Tiongkok yang membanjiri Indonesia. Negeri ini adalah pasar yang sangat menarik bagi berbagai produk Tiongkok yang sangat beragam. Menemukan produk dengan tulisan Made in China di Indonesia tidaklah susah.

5. Vietnam

Bendera Vietnam (Uncyclopedia Wikia)
Bendera Vietnam (Uncyclopedia Wikia)

Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah mengalami perang bertubi-tubi hingga jutaan orang harus rela menjadi korbannya. Saat perang dingin terjadi dan negeri ini menjadi dua kubu, Vietnam menjadi sebuah tanah yang penuh dengan ceceran darah. Sekitar tahun 1973-1974 Indonesia pernah mengirimkan Pasukan Garuda IV ke negeri ini untuk mengawal status quo dan juga pertukaran tawanan perang. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia adalah yang terkuat. Itulah mengapa di situasi pelik yang menimpa Vietnam, Indonesia turun di garda depan untuk mengawal negeri ini untuk berbenah. Dan benar saja, dua tahun setelah dikawal, akhirnya terjadi reunifikasi dan tak ada lagi Vietnam Utara dan Selatan. Sudah sepantasnya Vietnam mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya untuk Indonesia. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...