Hampir semua orang suka membaca cerita fiksi, entah novel, cerita pendek atau cerita bersambung dengan berbagai genre tulisan yang berbeda-beda. Apapun jenis bacaan fiksi yang kamu sukai, hal itu sama-sama memberikanmu manfaat yang begitu baik terhadap perkembangan dirimu loh guys. Nggak percaya bahwa ada berbagai manfaat yang kamu dapatkan ketika membaca cerita fiksi? Check this out guys.

1. Mengembangkan kemampuan verbal

Dengan atau tanpa mik, kamu percaya diri saat berbicara (thedatingtruth.com)

Kalau kamu memiliki hobi membaca cerita fiksi, maka kamu akan memiliki banyak kosakata yang akan mempermudah kamu dalam berkomunikasi dengan oranglain. Kamu juga bisa dengan mudah menyampaikan apa yang ada di dalam pikiranmu dengan gaya bahasa dan bicara yang enak didengar oleh oranglain.

2. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Si kakak cantik lagi asik baca buku nih (utne.com)

Ketika membaca cerita fiksi kamu akan jauh lebih konsentrasi dan fokus dan melupakan apa yang terjadi di luar sana. Percaya atau tidak, coba deh kamu bertanya pada temanmu yang tengah asik membaca novel. Atau mintalah temanmu untuk mengajakmu bicara dan menanyakan hal-hal sepele ketika kamu sedang asik membaca cerita fiksi. Bisa dijamin, kamu hampir tidak mendengar apa yang dikatakannya. Kamu terkadang lupa dimana kamu berada, dan merasa kamu berada di dalam lingkungan seperti yang digambarkan pada cerita fiksi yang tengah kamu baca.

3. Mengembangkan imajinasimu

Saat membaca cerita fiksi, imajinasimu akan berkembang (huffpost.com)

Saat membaca deskripsi sebuah tempat atau kejadian, secara tomatis pikiranmu akan menciptakan bayangan-bayangan sendiri dari hasil bacaanmu tadi. Dan hebatnya sambil membaca, bayangan dan imajinasi tersebut langsung muncul bersamaan dan menciptakan rasa yang nggak bisa tergantikan oleh ucapakn apapun.

4. Menjauhkan penyakit lupa

Sambil santai sore, membaca cerita fiksi juga bisa menjauhkan penyakit lupa (huffpost.com)

Peneliti dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa membaca bisa menurunkan risiko kehilangan memori hingga 30-50 persen. Terlebih saat kamu membaca cerita fiksi seperti novel, bacaan tersebut adalah bacaan yang paling bisa membantu meningkatkan kemampuan otak.

5. Mampu meredam stres

Santai saja, nggak usah stres ya dik (jeffbullas.com)

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universita Sussex menunjukkan bahwa membaca cerita fiksi mampu mengurangi tingkat stres seseorang, dengan cara yang mudah yakni membaca dalam hati akan membantu menstabilkan detak jantung dan meregangkan otot-ototmu.

(anb)