Tatjana Saphira

Nama merupakan identitas seseorang, tapi bagaimana jika nama seseorang dipelestkan menjadi kata-kata yang aneh? Kesal? Pastinya. Hal ini juga dirasakan oleh aktris Tatjana Saphira. Lantaran namanya agak sulit diucapkan, sebagian orang pun memanggil Tatjana dengan sebutan terajana yang merupakan judul lagu dangdut. Mengetahui namanya diledek seperti itu, apa reaksi kekasih Herjunot Ali itu?

“Banyak yang keliru panggil nama aku, ada yang bilang aku Tajana lah, atau bahkan diledekin sampai banyak yang panggil aku Terajana. Awalnya sih aku mikir oke lah, mungkin mereka bercanda. Tapi kok semakin ke sini jadi terus-terusan. Itu sudah nggak lucu buat aku, karena nama itu kan pemberian orangtua aku,” ujar Tatjana, seperti dilansir Kapanlagi, Kamis (14/1/2016)

Tatjana Saphira (twitter)
Tatjana Saphira (twitter)

Tatjana pun menjelaskan arti yang sebenarnya dari namanya. Tatjana sendiri adalah bahasa Kroasia yang berarti adalah seorang peri. “Nama aku memang nggak biasa untuk ukuran orang Indonesia. Tatjana nama pemberian Papa aku orang Kroasia artinya peri. Aku cerita ke mama dan papa. Mereka jelasin ada doa harapan yaitu perempuan cerdas, baik dan sebarkan kebahagiaan,” imbuhnya

Tatjana merasa sakit hati dan tersinggung apabila nama pemberian orangtuanya dengan sengaja dipelesetkan menjadi terajana. “Jadi kalau ada yang panggil nama aku salah, itu secara nggak langsung melukai hati aku. Aku juga berhak mengklaim orang panggil nama aku sesuai aslinya. Tapi teman-teman suka salah-salah nyebut padahal aku udah jelasin. Kadang aku suka tersinggung,” tegasnya

Tatjana Saphira (fimela)
Tatjana Saphira (fimela)

“Terkandang capek kasih tahunya. Pada saat lagi capeknya sampai aku mikir ya sudah lah terserah mereka mau panggil apa, yang terpenting orang-orang terdekat aku sudah terbiasa. Enggak cuma zaman sekolah saja sih. Sampai sekarang juga masih ada yang salah spelling. Padahal dari hal-hal kecil itu perlu untuk menghargai orang,â? tutup Tatjana.

(nha)