Biasanya para orangtua akan melarang anaknya keluar rumah untuk bermain hujan-hujanan. Padahal bermain hujan-hujanan punya manfaat baik bagi tubuh seseorang. Mungkin kamu heran kenapa hujan-hujanan justru memiliki dampak positif, tapi ini memang benar kenyataannya.

Daripada penasaran, lebih baik kamu baca dengan seksama ulasan 5 manfaat bermain hujan-hujanan berikut.

1. Bikin rambut bersinar

Menyehatkan rambut (bbc)
Menyehatkan rambut (bbc)

Manfaat hujan-hujanan bisa membuat rambut bersinar bermula dari keyakinan orang-orang barat zaman dulu. Kepercayaan masyarakat barat dulu ternyata dibuktikan oleh sains. Dikutip dari Rainwater Connection, air yang turun dari langit ini memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut.

2. Air hujan mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida)

Air hujan mengandung H2O2 (blogspot)
Air hujan mengandung H2O2 (blogspot)

Manfaat selanjutnya yakni air hujan mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida). H2O2 sendiri bisa dijadikan holistic healing atau kerap disebut sebagai terapi pengobatan. Hingga saat ini, produk H2O2 yang ada di Indonesia masih impor. Padahal di dalam air hujan ada kandungan H2O2 ini (bersifat anorganik).

3. Air Hujan mengandung unsur Nitrogen

Air Hujan mengandung unsur Nitrogen (liputan6)
Air Hujan mengandung unsur Nitrogen (liputan6)

Selain kaya akan H2O2, air hujan juga mengandung unsur nitrogen. Apabila kamu hujan-hujanan, maka tubuh akan memperoleh unsur nitrogen yang mendorong sintesis protein dan penciptaan senyawa dan asam amino yang mempengaruhi pertumbuhan, hormon, fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.

4. Menghilangkan bau amis

Bisa Hilangkan Bau Amis (blogspot)
Bisa Hilangkan Bau Amis (blogspot)

Kerap mencium bau amis setelah makan ikan atau daging? Jangan khawatir, karena cara menghilangkan bau tersebut adalah mencuci tangan dengan air hujan. Bahkan, air hujan lebih ampuh daripada sabun dalam menghilangkan bau amis. Tak percaya? Coba saja buktikan.

5. Menghilangkan racun pada tubuh

Menghilangkan racun  pada tubuh (nationalgeo)
Menghilangkan racun pada tubuh (nationalgeo)

Terakhir, manfaat hujan-hujanan bisa menghilangkan racun pada tubuh. Tips untuk menghilangkan racun dengan air hujan yakni larutkan garam pada air hujan, kemudian rendam telapak kaki selama ± 15 menit. Lakukan secara rutin setiap kali turun hujan. Dengan begitu, tubuh akan terbebas dari racun.

(nha)