5 Kontribusi Indonesia yang Membanggakan untuk Dunia

Indonesia dikenal sebagai negeri yang yang antah berantah. Penduduknya dianggap sangat kuno dan tak bisa melakukan apa-apa. Padahal sebenarnya penduduk Indonesia banyak sekali melakukan kontribusi bagi dunia. Bahkan beberapa teori dan penemuannya mampu membuat dunia mengakuinya dan terus digunakan sampai sekarang. Berikut adalah 5 kontribusi Indonesia untuk dunia, seperti dilansir dari Boombastiscom, Senin (18/1/2016).

1. BJ Habibie, Penemu Beberapa Teori dan Teknologi Pesawat

BJ Habibie (Depok)
BJ Habibie (Depok)

Tak ada yang meragukan kehebatan dari BJ Habibie. Presiden ke-3 dari Indonesia ini adalah seorang ilmuwan pesawat yang sangat hebat. Di luar negeri nama BJ Habibie selalu dipandang sebagai orang genius dalam bidang perkapalan. Tak mengherankan jika Jerman rela menampungnya dan membiayai banyak sekali penelitiannya.

2. Joe Hin Tjio, Penemu Jumlah Kromosom yang Benar Pada Manusia

Joe Hin Tjio (Mjmas)
Joe Hin Tjio (Mjmas)

Sebelumnya dunia menganggap jika jumlah kromosom yang ada pada manusia adalah 48. Hal ini berlangsung selama bertahun-tahun, hingga seorang warga Indonesia bernama Joe Hin Tjio menemukan fakta baru. Ia melakukan penelitian pada lapisan sel paru-paru dan menemukan fakta jika jumlah kromosom hanyalah 46. Tentu awalnya penemuan ini ditolak mentah-mentah. Para ilmuwan tak terima dengan apa yang Joe tulis. Namun lambat laun apa yang dilakukan Joe membuahkan hasil. Penemuannya ini membuat perkembangan penelitian kromosom manusia kian maju.

3. Khoirul Anwar â?? Pemilik Hak Paten OFDM 4G

Khoirul Anwar (Radarkediri)
Khoirul Anwar (Radarkediri)

Khoirul Anwar adalah seorang ilmuwan yang sangat hebat. Ia mematenkan penemuannya berupa teknologi broadband 4G yang dipakai secara luas di dunia internasional. Sistem yang ia temukan akhirnya dipakai di bumi hingga merambah ke luar angkasa untuk komunikasi menggunakan satelit.

4. Nelson Tansu, Metode Pemancaran Laser dan Pemilik 8 Hak Paten

Nelson Tansu (YouTube)
Nelson Tansu (YouTube)

Nelson Tansu adalah salah satu profesor termuda di Amerika. Saat ini ia telah menjadi dosen mahasiswa pascasarjana. Kehebatan dari Nelson tak berhenti di sana saja, ia menemukan juga sebuah metode pemancaran laser dan beberapa teknologi nano lain. Penemuan yang Nalson lakukan membuat banyak sekali mendapatkan penghargaan yang sangat prestisius. Bahkan penemuannya telah digunakan di banyak sektor di seluruh dunia.

5. Yudi Utomo Imarjoko, Penemu Kontainer Limbah Nuklir

Yudi Utomo Imarjoko (Google)
Yudi Utomo Imarjoko (Googleuser)

Semua orang tahu jika nuklir banyak sekali membantu manusia. Hanya saja limbah nuklir ini bisa membuat kekacauan. Yudi Utomo akhirnya menciptakan sebuah alat hebat berupa kontainer penyimpan limbah nuklir. Dengan kontainer ini maka limbah tak akan bisa tembus dan mencegah tercemarnya banyak sektor. Kemampuannya diperkirakan bisa mencapai 10 ribu tahun. Artinya limbah benar-benar aman hingga berpuluh generasi berikutnya. Penemuan ini sekilas sangat sederhana namun manfaatnya sangat hebat terutama bagi dunia. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pianis Cilik Indonesia Kalahkan Metallica di Tangga Lagu Billboard

5 Inovasi Mutakhir Namun Tak Diapresiasi di Tanah Air