Chris Lesmana, Perancang Mobil Indonesia yang Mendunia

Satu lagi, anak bangsa yang tak hanya membanggakan nama Indonesia, tapi juga memiliki prestasi yang diakui di kancah dunia. Siapa dia?

Dia adalah Chris Lesmana, seorang pria kelahiran Bandung, Jawa Barat. Dirinya dipercaya menjadi perancang mobil kelas dunia asal Jerman bernama Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan singkatan VW. Salah satu mobil yang sukses dirancang Chris adalah VW Up.

Chris Lesmana (Dream)
Chris Lesmana (Dream)

Chris menggarap VW Up bersama dengan rekannya Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Bahkan mobil rancangannya ini sudah dipatenkan dan terdaftar di Amerika Serikat pada tahun 2008 silam.

Dilansir dari Sooperboycom, Kamis (21/1/2016), dengan mengusung konsep mobil perkotaan, rancangannya ini terpilih menjadi 2012 World Car of The Year melalui seleksi yang sangat ketat dari 64 juri yang merupakan jurnalis otomotif seluruh dunia. Mobil rancangannya berhasil mengungguli dua nominator lainnya seperti BMW 3-series dan Porsche 911 serta 31 mobil lainnya.

VW Up (Telegraph)
VW Up (Telegraph)

Penghargaan ini menunjukan bahwa VW Up memiliki detail yang terbaik dan sudah memenuhi semua aspek yang diharapkan dari sebuah mobil perkotaan, diantaranya pengemudian mobil ini sangat responsif, mesin yang efisien, suspensi yang canggih dan kualitas material yang bagus.

Tidak hanya itu, rancangan Chris lainnya yakni VW New Beetle juga mendapatkan pujian dan sanjungan dari pihak Volkswagen. Pimpinan Volkswagen Group, Martin Winterkorn sendiri yang memilih sketsa hasil karya Chris dari beberapa sketsa hasil rancangan yang lainnya.

Chris Lesmana (Mindtalk)
Chris Lesmana (Mindtalk)

Dan yang lebih mengagumkan, sketsa Chris dipakai hampir seluruhnya tanpa ada perubahan sama sekali. Pihak VW mengatakan bahwa rancangan Chris sudah sangat bagus sehingga dalam realisasinya tidak memerlukan perubahan yang signifikan.

Karena tuntutan pekerjaan, maka Chris harus tinggal di Jerman. Meskipun begitu, ia tetap menjadi salah satu orang yang membuat bangga Indonesia. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...