Di Indonesia, ada transportasi yang disebut dengan ojek. Sepertinya dulu jasa transportasi ojek ini dianggap sebagai profesi yang kurang menarik. Namun saat ini semenjak hadirnya sistem ojek secara online, mulai banyak orang-orang mendaftar menjadi pengemudi alias driver ojek online. Ternyata, di luar negeri juga ada layanan transportasi seperti ojek ini, meskipun namanya berbeda. Umumnya, di luar negeri ojek disebut dengan Moto Taxi atau Motorcycle Taxi.

Berbeda dengan di Indonesia, yang bisa dibilang terbagi dua, yaitu ojek resmi dan tidak resmi, di luar negeri, khususnya negara-negara Eropa, ojek ini semuanya memiliki izin resmi alias legal. Jasa transportasi ini dikelola secara baik dan benar-benar menjadi lahan bisnis serius. Salah satu layanan ojek di Eropa adalah Moto Taxi, yang berada di negara Prancis.

Sama seperti Go-Jek di Indonesia, Ojek Moto-Taxi ini legal beredar di negara tersebut. Tak cuma melalui aplikasi, para calon konsumen juga bisa melakukan pemesanan ojek Moto-Taxi melalui situs resmi mereka, atau juga bisa menelepon langsung ke operatornya.

Namun, untuk bisa menjadi pengemudi ojek di sana tak segampang seperti di Indonesia. Cukup bermodal motor saja. Di sana, pemerintah Perancis memberlakukan peraturan yang ketat. Di antaranya memberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus untuk para tukang ojek tersebut.

Tak cuma itu, mereka juga wajib memiliki surat dari kepolisian yang menyebutkan jika mereka tak pernah memiliki riwayat kriminalitas, dan memiliki pengalaman mengendarai sepeda motor minimal lima tahun.

Selain itu, ada juga peraturan lainnya, yakni motor yang digunakan tak boleh berusia lebih dari 4 tahun.

Moto-Taxi pun memiliki sepeda motor tertentu, untuk menjamin kenyamanan penumpang. Sebagai contoh, sepeda motor yang digunakan dilengkapi dengan bagasi yang cukup besar, untuk menyimpan tas, dan juga membawa barang bawaan penumpang.

Selain helm dan jaket, penumpang juga disediakan bluetooth dan interkom, untuk mempermudah komunikasi antara penumpang dan pengemudi. Setelah sudah siap, mereka kemudian siap untuk melakukan perjalanan ke tempat tujuan.

Itu baru yang di Prancis. Masih ada lagi layanan seperti ojek yang ada di negara-negara lainnya. Penasaran? Langsung saja lihat foto-foto berikut ini. (tom)