VIDEO: Keren, Ada Botol yang Bisa Ubah Udara Jadi Air Minum


Selain udara dan cahaya, air adalah salah satu benda yang sangat dibutuhkan manusia. Kamu mungkin bisa menahan lapar, tapi untuk menahan haus adalah sesuatu yang cukup mustahil. Tak heran kalau keberadaan air bersih adalah hal yang penting.

Bagi kamu yang hobi berpetualang entah bersepeda gunung atau mendaki, tentu air bersih adalah sesuatu yang perlu diperjuangkan. Namun, kini kamu tak perlu lagi kesulitan mencari air minum ketika bersepeda atau mendaki gunung, karena telah ditemukan botol bernama Fontus.

Dilansir dari Techinsider, Jumat (29/1/2016), botol yang karya desainer perusahaan Austria, Kristof Retezár ini bisa mengubah udara menjadi air siap minum. Fontus bekerja dengan energi matahari yang mengubah udara jadi air lewat proses kondensasi.

Fontus diklaim mampu memproduksi sekitar 0,5 liter air dalam waktu 1 jam, tentunya dalam kondisi yang mendukung seperti suhu antara 30-40 derajat Celcius serta tingkat kelembaban 80%-90%. Prototype Fontus yang dikembangkan saat ini memiliki filter untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di air, namun Retezar masih belum bisa menyertakan filter udara yang bisa menyaring udara yang telah terkontaminasi.

Retezar menjelaskan kalau air hasil proses kondensasi Fontus ini dijamin besih, selama udara yang dijadikan sumber memang bersih. Untuk kawasan dengan udara yang terkontaminasi, Retezar masih berencana untuk menambahkan filter karbon yang mampu menjawab masalah tersebut. Retezar menekankan bahwa awal pengembangannya Fontus memang untuk dipakai ketika pengguna bersepeda di alam bebas yang bersih dari polusi, jadi air dari proses kondensasi dijamin layak minum.

Ke depannya, Retezar juga berencana untuk mengembangkan Fontus model stand-alone sehingga tak perlu dipasangkan ke sepeda.

Kamu bisa lihat videonya di atas. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak